PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA SOSIAL EKONOMIS PRODUKTIF KELUARGA MISKIN (USEP-KM) OLEH DINAS SOSIAL DIY DI HARGOREJO KOKAP KULONPROGO

EVI ALFIANTI , NIM. 10250057 (2014) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA SOSIAL EKONOMIS PRODUKTIF KELUARGA MISKIN (USEP-KM) OLEH DINAS SOSIAL DIY DI HARGOREJO KOKAP KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA SOSIAL EKONOMIS PRODUKTIF KELUARGA MISKIN (USEP-KM) OLEH DINAS SOSIAL DIY DI HARGOREJO KOKAP KULONPROGO )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM USAHA SOSIAL EKONOMIS PRODUKTIF KELUARGA MISKIN (USEP-KM) OLEH DINAS SOSIAL DIY DI HARGOREJO KOKAP KULONPROGO )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (933kB)

Abstract

Evi Alfianti, 10250057, penellitian ini berjudul Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Usaha Sosial Ekonomis Keluarga Miskin (USEP-KM) Oleh Dinas Sosial di Hargorejo Kokap Kuloprogo. Masalah kemiskinan sampai saat ini terus-menerus menjadi masalah yang berkepanjangan. Kemiskinan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu karakter masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif. Karakter masyarakat yang konsumtif, membuat bangsa Indonesia selalu tergantung pada negara-negara yang sudah terlebih dahulu maju. Untuk merubah karakter tersebut diperlukan usaha agar masyarakat lebih produktif. Usaha tersebut salah satunya adalah usaha yang telah dilakukan oleh Pemerintah yaitu Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan cara memberdayakan perempuan rawan sosial ekonomi melalui program Usaha Sosial Ekonomis Produktif Keluarga Miskin (USEP-KM). Salah satu wilayah yang ditentukan sebagai lokasi kegiatan USEP-KM adalah Desa Hargorejo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo. Peneliti memilih melakukan penelitian di Desa Hargorejo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta karena program USEP-KM di desa tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak kelompok USEP-KM binaan Dinas Sosial DIY yang berhasil dan masih berjalan hingga sekarang. Kelompok USEP-KM tersebut bernama Kelompok USEP-KM “Binangun Sejahtera”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui program USEP-KM oleh Dinas Sosial DIY di Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo dan dampaknya bagi perkembangan kehidupan masyarakat desa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu proses pelaksanaan pemberdayaan program USEP-KM yang dilakukan oleh Dinas Sosial DIY ternyata cukup panjang. Dilihat dari siklus penumbuhan dan pembinaan USEP-KM, mulai dari tahap perencanaan program sampai ke tahap monitoring dan evaluasi. Bentuk kegiatannya pun bermacam-macam, ada simpan pinjam, pertemuan rutin bulanan dan pelatihan keterampilan. Selain itu juga dampak adanya Kelompok USEP-KM di Desa Hargorejo sangat baik bagi perkembangan kehidupan masyarakat Desa Hargorejo pada umumnya dan anggota kelompok USEP-KM “Binangun Sejahtera” pada khususnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Lathiful Khuluq, MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemberdayaan Perempuan, Dinas Sosial DIY, Program USEP-KM, Desa Hargorejo Kokap Kulonprogo.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jun 2014 05:29
Last Modified: 21 Oct 2015 02:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13099

Actions (login required)

View Item View Item