PELAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIPOL) UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

DINA RACHMAWATI , NIM. 11130048 (2014) PELAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIPOL) UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIPOL) UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PELAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIPOL) UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang Masalah Dunia pendidikan di era modern ini sudah berkembang begitu pesat, termasuk perpustakaan sebagai salah satu pihak yang menyediakan berbagai sumber informasi. Menurut UU No. 43 Tahun 2007, perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi, karya tulis, karya cetak dan atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian dan rekreasi para pemustaka (Lasa Hs, 2009:263). Informasi yang ada di perpustakaan berupa tercetak dan digital. Jenis sumber informasi dan pelayanan yang diberikan oleh setiap perpstakaan berbeda-beda tergantung kebutuhan dari pemustakanya. Pada umumnya perpustakaan memiliki dua jenis pelayanan yaitu pelayanan teknis dan pelayanan pembaca. Masing-masing bagian dalam pelayanan tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain, karena tujuan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Pelayanan teknis adalah pekerjaan perpustakaan dalam mempersiapkan buku agar nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan pelayanan pembaca (Martoatmojo, 2009:1.1). Pelayanan teknis meliputi kegiatan pengadaan, pengolahan bahan pustaka dan juga pemeliharaan bahan pustaka. Dalam pelayanan pembaca ada dua pelayanan yang secara umum digunakan di berbagai perpustakaan, diantaranya pelayanan sirkulasi dan pelayanan referensi. Pelayanan referensi merupakan bantuan yang diberikan kepada pemustaka secara perorangan ketika dia mencari informasi. Bantuan ini dilakukan oleh pustakawan terlatih khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka, baik secara langsung bertatap muka, melalui telepon, maupun secara elektronik (Widyawan, 2012:2). Pelayanan referensi merupakan pelayanan secara langsung yang diberikan kepada pemustaka untuk keperluan studi dan riset. Tujuan pelayanan referensi adalah untuk memenuhi kebutuhan pemustaka mencakup mencari informasi dan menggunakan sumber informasi yang ada diperpustakaan. Sebagai lembaga selalu berusaha memberikan pelayanan secara adil dan tidak memihak. Pelayanan referensi merupakan suatu bentuk layanan untuk membantu pengguna perpustakaan menemukan informasi dengan jalan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pengguna dengan cara menunjukkan sumber-sumbernya. Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merupakan perpustakaan Fakultas yang berada didalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada. Dengan kedudukan perpustakaan FISIPOL UGM tersebut maka koleksi yang dimiliki perpustakaan mencakup koleksi tentang ilmu-ilmu sosial dan politik. Bahan koleksi yang dimiliki perpustakaan terdiri dari bahan koleksi sirkulasi, referensi dan koleksi tandon. Bahan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan FISIPOL UGM diantaranya handbook, kamus, ensiklopedi dan bibliografi. Di ruang referensi juga terdapat bahan pustaka lain yang dapat digunakan sebagai bahan pustaka rujukan diantaranya skripsi, tesis, disertasi, jurnal, majalah, dan koleksi tandon. Bahan koleksi referensi di perpustakaan FISIPOL UGM dilayankan kepada pengguna dengan sistem terbuka (open access). Di perpustakaan FISIPOL UGM yang menjadi kendala adalah dari petugas di layanan referensi dan ruang referensi yang terbatas. Karena petugas referensi di perpustakaan FISIPOL UGM bukanlah seseorang yang ahli di bidang perpustakaan. Hal tersebut menjadi kendala karena petugas kurang menguasai apa yang sebenarnya menjadi tanggungjawab di layanan referensi tersebut. Selain itu juga kondisi ruang referensi yang terbatas membuat koleksi di perpustakaan tersebut terlihat kurang rapi dan kadang membuat pemustaka terlihat kesusahan dalam mencari koleksi yang dibutuhkannya. Dalam laporan ini akan membahas tentang ”Layanan Referensi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Djazim Rahmadi, M.SI.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Jun 2014 10:51
Last Modified: 12 Oct 2015 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13148

Actions (login required)

View Item View Item