KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN GODEAN

ANNIK WINARNI - NIM. 03410123, (2008) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN GODEAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan guru PAI dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat diketahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI di MTsN Godean. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTsN Godean, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kulitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI di MTsN Godean sudah cukup baik, meskipun masih ada sedikit hal yang perlu dibenahi. Hasil tersebut dilihat dari berbagai kompetensi yang melingkupinya, yaitu kompetensi mengelola pembelajaran, kompetensi perancangan pembelajaran, kompetensi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, kompetensi pemanfaatan teknologi pembelajaran, kompetensi evaluasi hasil belajar, kompetensi pemahaman terhadap peserta didik, dan yang terakhir kompetensi pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Berbagai upaya pun dilakukan oleh pihak madrasah, seperti mengikutsertakan guru dalam kegiatan-kegiatan pendidikan maupun perbaikan sarana dan prasarana guna meningkatkan kinerja guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: PAI, Pedagogik guru.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item