PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA

ABDULLAH MU’IZ BA’ALI KHOZIN , NIM. 11130079 (2014) PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36MB) | Preview
[img] Text (PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (28MB)

Abstract

Latar Belakang Perpustakaan merupakan unit kerja yang menghimpun, mengelola, dan menyajikan kekayaaan intelektual untuk kepentingan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa (Lasa-Hs, 2007:12). Jenis-jenis perpustakaan, yaitu perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, perpustakaan pribadi dan perpustakaan kelembagaan. Perpustakaan-perpustakaan itu bekerja sebaik mungkin untuk melayani seluruh angotanya. Perpustakaan sekolah diperuntukkan kepada para guru, murid, karyawan dan pemakai perpustakaan termasuk orang tua wali serta masyarakat sekitar tempat sekolah itu berada. Menurut Sinaga (2011:21) Perpustakaan sekolah sebagai sumber fasilitas belajar benar-benar harus dijadikan pusat kegiatan proses belajar-mengajar yang menyenangkan. Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan sarana yang baik untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perpustakaan sekolah bertugas untuk mengumpulkan bahan pustaka yaitu secara terus menerus menghimpun sumber informasi yang relevan untuk dikoleksi kemudian mengolah bahan pustaka tersebut menggunakan sistem tertentu. Selanjutnya bahan pustaka itu disimpan sekaligus, perpustakaan sekolah seharusnya menjadi pusat informasi, menjadi agen perubahan dan agen kebudayaan serta senantiasa mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman. Menurut Sinaga (2011:12) secara lebih luas perpustakaan sekolah berguna untuk menunjang tercapainya target kurikulum. Oleh karena itu, peran perpustakaan sekolah merupakan bagian yang vital dan sebagai sarana yang multi-kompleks dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan tersedianya koleksi perpustakaan yang merupakan sarana fundamental bagi pencapaian tujuan pendidikan. Perpustakaan sekolah yang baik adalah perpustakaan yang dapat memenuhi kebutuhan pemakainya. Hal itu dapat terlihat apabila koleksi di perpustakaan telah mampu memenuhi seluruh pemakainya dengan maksimal. Koleksi di perpustakaan sekolah harus sesuai dengan kebutuhan pemakai yang memanfaatkan perpustakaan. Penyediaan koleksi perpustakaan supaya mampu memenuhi pemakai, tidak terlepas dari adanya petugas bagian pengadaan. Petugas bagian pengadaan melaksanakan tugasnya dengan baik yakni melakukan pengadaan koleksi perpustakaan yang disesuaikan dengan pemakai perpustakaan. Pengadaan koleksi perpustakaan adalah salah satu bidang kegiatan di perpustakaan. Bidang ini bertugas mengadakan dan mengembangkan koleksi semua jenis koleksi di perpustakaan. Dalam melakukan kegiatan pengadaan koleksi maka seorang yang bertugas dalam pengadaan ini harus menggunakan alat bantu seleksi. Menurut Yulia dan Sujana (2009:4.27-4.28) menyatakan bahwa alat bantu seleksi secara garis besar terbagi menjadi dua kelompok yaitu: 1. Alat Bantu Seleksi Informasi yang diberikan dalam alat tersebut tidak terbatas pada data bibliografi, akan tetapi mencakup keterangan bahan pustaka tersebut dan keterangan lain yang diperlukan untuk mengambil keputusan. Contohnya yaitu : majalah tinjauan buku, buku Book Review Index, dan daftar judul untuk perpustakaan tertentu, subjek tertentu, atau kelompok tertentu 2. Alat Identifikasi dan Verifikasi Alat ini digunakan untuk mengetahui judul yang telah terbit atau yang akan diterbitkan dalam bidang tertentu, penerbit tertentu, pengarang tertentu, negara tertentu, dan waktu tertentu pula serta digunakan untuk melakukan verifikasi data bibliografi, harga dan sebagainya. Contohnya seperti : katalog penerbit, bibliografi nasional dan sebagainya. Berdasarkan wawancara penulis kepada pengelola perpustakaan Ibu Hartini Irawati, pengadaan koleksi di perpustakaan SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan alat bantu seleksi. Alat bantu seleksi yang digunakan adalah katalog penerbit. Perpustakaan SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta belum menggunakan alat bantu seleksi yang lain seperti majalah tinjauan buku, Book Review Index dan sebagainya dalam melakukan kegiatan pengadaan. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan di atas, penulis mengambil tema yang berjudul “Pengadaan Bahan Pustaka Di Perpustakaan SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta”, sehingga dengan mengambil tema tersebut diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan mengembangkan metode pengadaan koleksi yang sudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Afiati Handayu D. F.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Jun 2014 08:07
Last Modified: 12 Oct 2015 07:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13187

Actions (login required)

View Item View Item