STUDI TENTANG PENGAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY) KELAS XI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2007-2008 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

ASEP ZAINAL ARIFIN - NIM. 02421393, (2008) STUDI TENTANG PENGAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY) KELAS XI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2007-2008 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang Pengajaran Bahasa Arab berbasis ICT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran Bahasa arab berbasis ICT, faktor pendukung dan penghambat dalam pengajaran berbasis ICT serta untuk mengetahui hasil evaluasi siswa kelas XI ICT emester I . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi yang kemudian dianalisis. Hasil analisis dipaparkan dalam uraian naratif dan kuantitatif menggunakan rumusan Statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengajaran Bahasa Arab Berbasis ICT di kelas XI SMA Muhammadiyah I Yogyakarta dilaksanakan dengan sistem online menggunakan komputer yang terhubung dengan wireless internet. Dan menggunakan situs http\\www.pba.aldakwah.org dan software Microsoft powerpoint 2) pendekatan Ubiquitous Learning (pembelajaran dimana saja) belum bisa terlaksana dalam pengajaran Bahasa Arab berbasis ICT di kelas XI ICT dikarenakan mahalnya biaya pengadaan fasilitas Komputer yang terhubung ke internet untuk guru-guru 3) Metode yang digunakan guru dalam mata pelajaran Bahasa Arab berbasis ICT adalah menggunakan metode campuran atau Eclectic Method 4) faktor pendukung pengajaran Bahasa Arab berbasis ICT di kelas XI ICT adalah adanya guru yang cukup baik, fasilitas yang memadai, minat siswa terhadap pembelajaran berbasis ICT yang cukup tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah media dari segi efisiensinya kurang memadai karena akses internet lambat, metode yang digunakan guru kurang bisa menggugah gairah belajar bahasa arab siswa, minat siswa terhadap bahasa Arab sangat kurang, 5) hasil evaluasi pelajaran Bahasa Arab siswa kelas XI ICT semester I menunjukan hasil yang baik dengan rata-rata 76.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ICT, Pengajaran Bahasa Arab.
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item