PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

ACHMAD FAUZI , NIM. 10600030 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS DAN BALOK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTs PADA MATERI KUBUS DAN BALOK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis kontekstual melalui metode penemuan terbimbing yang layak dan mengetahui dampak bahan ajar matematika berbasis kontekstual melalui metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model Gravemeijer dan Cobb yang terdiri atas tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian bahan ajar, lembar observasi, lembar tes, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis kontekstual melalui metode penemuan terbimbing yang memiliki karakteristik diawali dari masalah kontekstual, aktivitas penemuan, kegiatan diskusi, dan latihan soal. Bahan ajar matematika tersebut sudah dapat dikatakan layak berdasarkan kriteria kelayakan yaitu valid, efektif, dan praktis. Validitas tersebut dilihat dari penilaian ahli yaitu tiga dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika, yang menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 78,69%. Efektivitas dilihat dari dampak proses dan dampak hasil penggunaan bahan ajar, dampak proses sudah dapat dikatakan baik jika dilihat dari proses pembelajaran seperti mengikuti petunjuk yang untuk melakukan aktivitas, diskusi, penemuan, menyelesaikan masalah, sementara itu dampak hasil dilihat dari nilai post-test. Hasil post-test menunjukkan 87,88% siswa nilainya berada di atas KKM dengan rata-rata 88,43, hal tersebut sudah sejalan dengan pembelajaran yang berlangsung di kelas sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tersebut dapat dikatakan efektif. Kepraktisan bahan ajar (praktibilitas) dilihat dari angket respon siswa terhadap bahan ajar matematika. Hasil respon siswa menghasilkan skor 46,55 dari skor ideal 60 dengan persentase 77,58%, sehingga respon siswa terhadap bahan ajar dikatakan positif. Dampak yang diperoleh setelah penggunaan bahan ajar tersebut siswa lebih antusias, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bahan ajar matematika, kontekstual, penemuan terbimbing, design research, pemahaman konsep, dan pemecahan masalah.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Jul 2014 00:55
Last Modified: 27 Jan 2016 02:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item