PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT DENGAN TEMA PEMBUATAN KOMPOS SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMP/MTs

AJI SETIAWAN AJI SETIAWAN , NIM. 09690024 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT DENGAN TEMA PEMBUATAN KOMPOS SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT DENGAN TEMA PEMBUATAN KOMPOS SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMP/MTs )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT DENGAN TEMA PEMBUATAN KOMPOS SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMP/MTs )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul IPA Terpadu Berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat dengan Tema Pembuatan Kompos sebagai Sarana Berpikir Kreatif siswa SMP/MTs, (2) mengetahui kualitas modul IPA Terpadu Berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat dengan Tema Pembuatan Kompos sebagai Sarana Berpikir Kreatif siswa SMP/MTs menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA, (3) mengetahui respon siswa terhadap modul IPA Terpadu Berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat dengan Tema Pembuatan Kompos sebagai Sarana Berpikir Kreatif siswa SMP/MTs yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Brog dan Gall yang dilakukan dengan lebih disederhanakan menurut Tim Puslitjaknov, melibatkan lima langkah utama yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas modul IPA Terpadu untuk para ahli dan guru IPA dengan menggunakan skala Likert dan angket respon siswa dalam bentuk checklist dengan menggunakan skala Guttman. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 5 penilai, 10 siswa sebagai uji coba lapangan skala kecil, dan 32 siswa sebagai uji coba lapangan skala besar. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) dihasilkan modul IPA Terpadu Berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat dengan Tema Pembuatan Kompos sebagai Sarana Berpikir Kreatif siswa SMP/MTs yang ditujukan untuk kelas VII, (2) kualitas modul yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 90,76%; 89, 28%; dan 84,26%, (3) respon siswa terhadap modul yang dikembangkan pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar adalah Setuju (S) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 89,09% dan 90,06%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran IPA Terpadu yang dapat menjadi suatu media atau sarana berpikir kreatif untuk siswa SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Modul, IPA Terpadu, Sains-Teknologi-Masyarakat
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 08:04
Last Modified: 05 Feb 2016 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum