PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI

ERNI PANGESTUTI , NIM. 10670039 (2014) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media. Tujuannya adalah untuk mengetahui ciri proses dan produk pengembangan modul pembelajaran kimia materi larutan penyangga dan hidrolisis garam berbasis kontekstual untuk peserta didik SMA/MA kelas XI, mengetahui kualitas modul pembelajaran kimia yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA, dan mengetahui respon peserta didik terhadap modul pembelajaran kimia materi larutan penyangga dan hidrolisis garam berbasis kontekstual untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D, namun hanya sampai tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Tahap keempat, yaitu tahap penyebarluasan (disseminate) tidak dilakukan dalam penelitian ini. Produk modul kimia ini ditinjau oleh dosen pembimbing, tiga orang peer reviewer, ahli media dan ahli materi. Subyek penilaian kualitas modul ini adalah 4 pendidik kimia SMA/MA. Selain itu, modul ini juga direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA Kelas XI di Yogyakarta. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk menentukan kualitas modul kimia yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul kimia yang dikembangkan menurut 4 pendidik kimia SMA/MA mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB). Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 148,75 dari skor rata-rata maksimal ideal 165 dan presentase keidealan 90,15%. Selain itu, modul ini mendapat respon yang Sangat Baik (SB) dari peserta didik dengan skor rata-rata 19,2 dari skor rata-rata maksimal ideal 20 dan presentase keidealan 96%. Berdasarkan hal tersebut, maka modul kimia materi larutan penyangga dan hidrolisis garam berbasis kontekstual untuk peserta didik SMA/MA kelas XI yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Karmanto, S.Si.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: modul kimia, pendekatan kontekstual, laru
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Jul 2014 08:45
Last Modified: 23 Feb 2016 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13224

Actions (login required)

View Item View Item