PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI (DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

FARIDA RAHMAWATI, NIM. 09690009 (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI (DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI (DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DCI (DYNAMICS CONCEPT INVENTORY) BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Instrumen tes DCI berbasis representasi gambar untuk dijadikan pedoman dalam mengidentifikasi pemahaman konsep; (2) mengetahui sifat butir soal instrumen tes DCI; (3) mengidentifikasi pemahaman konsep fisika siswa pada materi Dinamika Gerak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, and disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik tes. Teknik analisis data yang dilakukan pada instrumen tes DCI melalui perhitungan manual berbagai aspek yaitu validitas isi, validitas empiris, reliabilitas soal, daya pembeda butir soal, tingkat kesukaran butir soal, dan efektivitas pengecoh, selanjutnya dibuktikan dengan software Anatest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul sebanyak 78 siswa pada uji terbatas dan 132 siswa pada uji luas. Hasil penelitian berupa perangkat instrumen DCI berbasis representasi gambar dengan memenuhi kualitas instrumen yang sangat baik, yaitu melalui langkah-langkah model pengembangan 4-D. Karakteristik butir soal perangkat instrumen tes DCI yang telah dikembangkan yaitu nilai reliabilitas 0,865; daya pembeda 40% sangat baik, 30% baik, 10% cukup, 15% jelek, 5% tidak ada daya pembeda; tingkat kesukaran soal 10% dalam kategori mudah, 70% dalam kategori sedang, 20% dalam kategori sukar; efektivitas pengecoh soal 13,75% dalam kategori tidak baik, 86,25% dalam kategori baik; dan kualitas instrumen tes DCI dalam kategori sangat baik. Profil pemahaman konsep yang telah berhasil diidentifikasi pada materi Dinamika Gerak, yaitu: prinsip dasar dinamika untuk gerak sebesar 38,63%, Hukum Newton sebesar 48,96%, dan gaya sebesar 43,62%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Dynamic Concept Inventory, Representasi Gambar, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 09:15
Last Modified: 17 Mar 2016 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum