PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN

NURKHASANUDDIN , NIM. 10600036 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis kontekstual dengan metode Group Investigation (GI) yang layak dan mengetahui dampak bahan ajar matematika berbasis kontekstual dengan metode Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan restrospective analysis. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs N LAB. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian bahan ajar, lembar observasi, lembar tes, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis kontekstual dengan metode Group Investigation (GI). Bahan ajar matematika tersebut memenuhi tiga kriteria kelayakan yaitu valid, efektif, dan praktis. Validitas dilihat dari penilaian dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matemat ika, yang menunjukan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 79,16%. Efektivitas dilihat dari hasil post-test yang menunjukan 68% siswa nilainya berada di atas KKM dengan rata-rata 77,74 sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tersebut dapat dikatakan efektif. Praktibilitas dilihat dari angket respon siswa terhadap bahan ajar matematika. Hasil respon siswa menghasilkan skor 47,74 dari skor ideal 60 dengan persentase 76,57% sehingga respon siswa terhadap bahan ajar dikatakan positif. Dampak yang diperoleh setelah penggunaan bahan ajar matematika adalah pemahaman siswa mengenai materi kedudukan dua garis, lingkaran, sudut, bangun segitiga, dan bangun persegi panjang menjadi lebih tinggi. Selain itu siswa ketika menyelesaikan permasalahan berusaha untuk mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan, merumuskan masalah, memproses data, dan kemudian menjelaskan atau menginterpretasikan hasil sesuai permasalahan asal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bahan ajar, Kontekstual, Metode Group Investigation (GI), design research, dan Pemecahan masalah.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Jul 2014 02:38
Last Modified: 27 Jan 2016 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13236

Actions (login required)

View Item View Item