PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA TERPADU BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN TEMA “KIMIA BAGI KEHIDUPAN” UNTUK SMP/MTs KELAS VIII

ATINA RIZANATUL FAHRIYAH, NIM. 10670009 (2014) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA TERPADU BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN TEMA “KIMIA BAGI KEHIDUPAN” UNTUK SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA TERPADU BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN TEMA “KIMIA BAGI KEHIDUPAN” UNTUK SMP/MTs KELAS VIII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA TERPADU BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN TEMA “KIMIA BAGI KEHIDUPAN” UNTUK SMP/MTs KELAS VIII )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran untuk SMP/MTs Kelas VIII. Tujuannya adalah (1) mengetahui karakteristik produk SSP IPA Terpadu berbasis kontekstual dengan tema “Kimia bagi Kehidupan” untuk SMP/MTs kelas VIII, (2) mengetahui kualitas SSP IPA Terpadu berbasis kontekstual dengan tema “Kimia bagi Kehidupan” untuk SMP/MTs kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. prosedur dalam penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun tahap Disseminate dalam penelitian ini tidak dilaksanakan. SSP IPA Terpadu ini ditinjau oleh tujuh dosen ahli (ahli perangkat pembelajaran, ahli materi, dan ahli media) dan tiga guru IPA SMP/MTs baik negeri maupun swasta di Yogyakarta. Instrumen penilaian SSP IPA Terpadu berupa angket yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian produk SSP meliputi 23 aspek penilaian perangkat pembelajaran yang dijabarkan dalam 78 indikator penilaian dan terangkum dalam empat komponen penilaian perangkat pembelajaran, yaitu komponen RPP, instrumen penilaian (assessment), bahan ajar siswa, dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas SSP IPA Terpadu. SSP IPA Terpadu yang dikembangkan dikemas dalam perangkat pembelajaran yang berisi RPP, instrumen penilaian, bahan ajar siswa, LKS, dan media pembelajaran. SSP IPA Terpadu ini dikembangkan dari Kompetensi Dasar Integrasi yang memuat dua bidang kajian IPA yaitu makhluk hidup dan kehidupan (sistem pencernaan makanan) serta materi dan sifatnya (zat aditif makanan). Produk penelitian menunjukkan bahwa SSP IPA Terpadu berbasis kontekstual dengan tema “kimia bagi kehidupan” untuk SMP/MTs menurut tujuh dosen ahli memperoleh skor 348,57 dari skor maksimal 390 dan persentase keidealan sebesar 89% atau dengan kategori Sangat Baik (SB), sedangkan menurut penilaian tiga guru IPA SMP/MTs memperoleh skor 370 dari skor maksimal 390 dan persentase keidealan 95% dengan kategori Sangat Baik (SB), sehingga produk SSP IPA Terpadu tersebut dapat digunakan pendidik dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Subject Specific Pedagogy (SSP), IPA Terpadu, Kontekstual.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 10:08
Last Modified: 17 Mar 2016 17:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum