PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 CILACAP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)

LUTHFIANA TARIDA, NIM. 10600023 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 CILACAP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 CILACAP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 CILACAP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif siswa sebagai akibat pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) serta mengetahui pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran dengan pendekatan PMRI dan dua variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Cilacap tahun ajaran 2013/ 2014, dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 58 siswa. Kelas VII F dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Kelas VII E dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretes-postes, skala sikap dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yang meliputi uji T satu pihak dan uji Anova dua jalur (two way anova). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tidak terjadi interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif maupun sikap kreatif siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PMRI lebih tinggi secara signifikan dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sedangkan sikap kreatif siswa tidak memiliki perbedaan peningkatan antara kedua pembelajaran. Dugaan tidak adanya peningkatan sikap kreatif adalah durasi waktu pelaksanaan penelitian yang cukup singkat dan adanya kesulitan merubah sikap siswa yang telah dimiliki berdasarkan beberapa faktor penyebab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PMRI, Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:35
Last Modified: 27 Jan 2016 07:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item