UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS XI IPA-1 MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2013/2014

FATIMA YUNITA SARI , NIM. 10670007 (2014) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS XI IPA-1 MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS XI IPA-1 MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS XI IPA-1 MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas berfikir dan hasil belajar serta proses pembelajaran dengan metode mind mapping yang sesuai dalam upaya meningkatan kreativitas berfikir dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA-1 Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1. Peningkatan tersebut diupayakan melalui pelaksanaan metode mind mapping pada pembelajaran kimia pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis. Penelitian ini merupakan Classroon Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini kelas XI-IPA-1 MAN Yogyakarta 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 peserta didik. Data yang dikumpulkan berupa data kreativitas berfikir peserta didik yang ditinjau dari hasil mind map. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari nilai pre-test dan post-test pada setiap siklus. Data kreativitas dianalisis secara deskriptif, sedangkan peningkatan hasil belajar diketahui dari peningkatan rata-rata nilai post-test dan peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus 1 dan 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kimia melalui metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas berfikir dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA-1. Adapun langkah-langkah setiap siklusnya adalah (1) mempelajari konsep suatu materi pelajaran, (2) menentukan ide-ide pokok, (3) membuat peta pikiran, (4) mempresentasikan di depan kelas (5) mendiskusikan hasil presentasi bersama-sama, peningkatan skor kreativitas sebesar 14, 58% dan peningkatan rata-rata post-test dalam proses pembelajaran dari rata-rata sebesar 70,7 pada siklus 1 menjadi 76,9 pada siklus 2. Sementara itu peningkatan jumlah peserta didik dengan nilai diatas KKM 75 semula dari 4 peserta didik pada siklus 1 menjadi 17 peserta didik pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, mind mapping, mind map, kreativitas, hasil belajar, peningkatan
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Jul 2014 11:43
Last Modified: 23 Feb 2016 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13255

Actions (login required)

View Item View Item