PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM BEJANA BERHUBUNGAN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTsLB/SMPLB

RIZA NUR CAHYANINGTYAS, NIM. 10690039 (2014) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM BEJANA BERHUBUNGAN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTsLB/SMPLB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM BEJANA BERHUBUNGAN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTsLB/SMPLB)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM BEJANA BERHUBUNGAN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VIII MTsLB/SMPLB)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan alat peraga hukum bejana berhubungan dan panduan materi Braille untuk siswa tunanetra kelas VIII MTsLB/SMPLB; 2) mengetahui kualitas alat peraga hukum bejana berhubungan dan panduan materi yang dikembangakan menurut ahli media, ahli materi, dan guru; 3) mengetahui respon siswa terhadap alat peraga hukum bejana berhubungan dan panduan materi. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Reseach and Development) dengan prosedur pengembangan mengadaptasi pengembangan Tim Puslitjaknov, dengan 5 langkah utama: melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; mengembangkan produk awal; validasi ahli dan revisi; uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; dan uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek validator dalam penelitian ini yaitu validator instrumen dan validator produk. Subjek penilai dalam penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, dan guru. Subjek coba lapangan skala kecil adalah SLB Negeri 1 Bantul dan subjek coba lapangan skala besar adalah MTs LB/A Yaketunis. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kualitas dan lembar respon siswa. Teknik analisa data deskriptif kuantitatif. Lembar penilaian kualitas menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian ini: 1) telah dikembangakan alat peraga bejana berhubungan dan panduan materi hukum bejana berhubungan untuk siswa tunanetra kelas VIIIMTsLb/SMPLB; 2) berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru alat peraga bejana berhubungan dan panduan materi memiliki kualitas sangat baik (SB). 3) respon siswa pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar terhadap alat peraga bejana berhubungan dan panduan materi memiliki respon sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: alat peraga, panduan materi, hukum bejana berhubungan, tunanetra
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 12:18
Last Modified: 17 Mar 2016 16:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum