PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (SUATU DESIGN RESEARCH TERHADAP SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN)

RIZKY ARDIANI NURANISA, NIM. 10600051 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (SUATU DESIGN RESEARCH TERHADAP SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (SUATU DESIGN RESEARCH TERHADAP SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (SUATU DESIGN RESEARCH TERHADAP SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian design research yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis masalah melalui metode Group Investigation yang layak serta mengetahui dampak proses maupun dampak hasil dari penggunaan bahan ajar berbasis pemecahan masalah terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP/MTs. Prosedur penelitian design research yang digunakan mengadopsi model penelitian Gravemeijer dan Cobb (2006) dengan tiga tahap penelitian yaitu (1) preparing for the experiment yang meliputi analisis, pengembangan bahan ajar, dan penilaian validator, (2) design experiment yaitu tahap pelaksanaan penelitian, dan (3) retrospective analysis yaitu tahap analisis data sehingga menghasilkan lokal teori. Jenis bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar cetak dengan pendekatan pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan empat tahap penyelesaian yaitu memahami masalah, merumuskan hipotesis penyelesaian, menyusun rencana penyelesaian, dan melakukan verifikasi. Bahan ajar yang dikembangkan diujicobakan di SMP Negeri 2 Muntilan kelas VIII E dengan metode yang dipilih yaitu Group Investigation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar penilaian bahan ajar, soal posttest pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah, dan angket respon siswa. Bahan ajar matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid karena komponen isi, penyajian, dan bahasa memperoleh kriteria sangat baik. Komponen pembelajaran berbasis masalah dan metode Group Investigation yang dipilih memperoleh kriteria baik. Sehingga secara keseluruhan bahan ajar tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 75,75%. Praktis dengan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar tergolong positif dengan skor 98 dari skor maksimal 124 dan efektif karena setelah menggunakan bahan ajar berbasis masalah, pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terfasilitasi, terbukti dengan 61,29% siswa memperoleh nilai di atas KKM yang ditetapkan di sekolah, dan berdampak pada terfasilitasinya pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bahan Ajar, Pemecahan Masalah, Group Investigation, Design Research, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 12:21
Last Modified: 27 Jan 2016 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum