PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER PADA MATERI BALOK

RIZKY MA'RIFATUN, NIM.: 09600025 (2014) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER PADA MATERI BALOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN IUELE DAN TEORI BRUNER PADA MATERI BALOK)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN IUELE DAN TEORI BRUNER PADA MATERI BALOK)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilk.an Subject Specific Pedagogy (SSP) matematika SMP berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner pada materi balok yang berkualitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar skala penilaian SSP, lembar evaluasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan•lembar respon peserta didik dan guru. Subject Specific Pedagogy (SSP) matematika SMP berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner pada materi balok yang disusun terdiri dari petikan silabus berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner, kisikisi dan lembar penilaian, serta media pembelajaran. Hasil penilaian SSP Matematika termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 84,40%. Subject Specific Pedagogy (SSP) matematika SMP berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner pada materi balok ini juga teruji efektif dalam meningkatkan basil belajar peserta didik, ditunjukan dengan nilai rata-rata post-test (75, 75) lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (33) serta kinerja SSP mencapai kriteria baik dengan persentase peserta didik: mencapai KKM sebesar 75%. Respon guru terhadap SSP sangat positif dengan skor skor rata-rata 76 dari skor maksimal 176 dan persentase mencapai 86,36%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan SSP mendapat respon positif dengan persentase 79,34%. Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), tahap berpikir van Hiele, teori Bruner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mulin Nu'man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: SSP; KKM; model pembelajaran
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 12:24
Last Modified: 03 Jan 2024 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum