PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL

WAHYU HIDAYAH , NIM. 10680001 (2014) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendekatan JAS terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran materi pokok kingdom plantae, 2) pengaruh pendekatan JAS terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok kingdom plantae, 3) tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan JAS pada materi pokok kingdom plantae. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Kretek Bantul. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan JAS dengan metode observasi dan diskusi sedangkan kelas kontrol dengan pendekatan teacher centered dengan metode ceramah dan tanya jawab. Alat pengumpulan data adalah tes, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sample T-test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian antara lain (1) terdapat pengaruh pendekatan JAS terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran materi pokok kingdom plantae. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 81 (<W0,025 = 211) dengan p-value sebesar 0,005 (<0,025) dengan sumbangan pengaruh R= 41,3 %, (2) tidak terdapat pengaruh pendekatan JAS terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kingdom plantae. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar sebesar -1,426 (< -2,348) dengan p-value (sig.) 0,163 (>0,025), dengan sumbangan pengaruh R=24,1% (3) penerapan pendekatan JAS pada materi pokok kingdom plantae mendapatkan tanggapan positif terbukti dari hasil analisis deskriptif dengan presentasi rata-rata semua aspek memperoleh tanggapan sebanyak 80% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendekatan JAS, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 12:38
Last Modified: 07 Mar 2016 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum