KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI ILMU SOSIAL DITINJAU DARI ASPEK TUJUAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BESERTA KENDALA-KENDALANYA DI MA DARUL ISTIQOMAH

SOFIA FATHUROHMAH , NIM. 08600105 (2014) KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI ILMU SOSIAL DITINJAU DARI ASPEK TUJUAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BESERTA KENDALA-KENDALANYA DI MA DARUL ISTIQOMAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI ILMU SOSIAL DITINJAU DARI ASPEK TUJUAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BESERTA KENDALA-KENDALANYA DI MA DARUL ISTIQOMAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI ILMU SOSIAL DITINJAU DARI ASPEK TUJUAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BESERTA KENDALA-KENDALANYA DI MA DARUL ISTIQOMAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Keterlaksanaan KTSP pada pembelajaran Matematika ditinjau dari aspek tujuan pembelajaran (2) Keterlaksanaan KTSP pada pembelajaran Matematika ditinjau dari aspek strategi pembelajaran, (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan KTSP pada kedua aspek tersebut di kelas XI MA Darul Istiqomah Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research) dengan pendekatan kualitatif. Variabel penelitian terdiri dari 3 (tiga) variable, yaitu: (1) tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran, (2) keterlaksanaan strategi pembelajaran, dan (3) kendala dalam pelaksanaan KTSP. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Sosial dan guru mata pelajaran matematika pada siswa kelas XI Ilmu Sosial di MA Darul Istiqomah Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengambilan sumber data dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara tidak terstruktur, lembar penilaian, angket dan studi dokementasi. Data yang diperoleh dianalisisa menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan KTSP pada pembelajaran matematika di kelas XI ilmu Sosia MA darul Istiqomah dalam aspek tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal, dengan persentase rata-rata 61,9% atau berada dalam kategori cukup. Keterlaksanaan KTSP dalam pembelajaran matematika pada aspek strategi pembelajaran secara umum sudah berjalan dengan baik, dengan persentase rata-rata 68,78% atau berada dalam kategori tinggi. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan KTSP pada pembelajaran matematika di MA Darul Istiqomah antara lain terbatasnya buku pegangan untuk siswa, rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika, keterbatasan waktu, biaya, dan fasilitas dalam penggunaan berbagai metode pembelajaran, keterbatasan sumber belajar dan media pembelajaran, dan Siswa kurang siap dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis KTSP karena terbiasa dengan sistem pembelajaran pada kurikulum lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suparni M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), tujuan pembelajaran matematika, strategi pembelajaran, kendala-kendala pelaksanaan KTSP.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 14:20
Last Modified: 27 Jan 2016 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum