IDENTIFIKASI PENGGUNAAN MODEL (GAMBAR, POLA, KERANGKA) DAN ANALOGI PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X TAHUN AJARAN 2013/2014 (STUDI KASUS DI SMAN 7, SMAN 9, DAN SMAN 10 KOTA YOGYAKARTA)

VITA MAIZIA , NIM. 10670017 (2014) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN MODEL (GAMBAR, POLA, KERANGKA) DAN ANALOGI PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X TAHUN AJARAN 2013/2014 (STUDI KASUS DI SMAN 7, SMAN 9, DAN SMAN 10 KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI PENGGUNAAN MODEL (GAMBAR, POLA, KERANGKA) DAN ANALOGI PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X TAHUN AJARAN 2013/2014 (STUDI KASUS DI SMAN 7, SMAN 9, DAN SMAN 10 KOTA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI PENGGUNAAN MODEL (GAMBAR, POLA, KERANGKA) DAN ANALOGI PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X TAHUN AJARAN 2013/2014 (STUDI KASUS DI SMAN 7, SMAN 9, DAN SMAN 10 KOTA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan analogi yang digunakan pada pembelajaran kimia, serta jenis-jenis model dan analogi yang digunakan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendalakendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran kimia dalam penggunaan model dan analogi pada pembelajaran materi pokok hidrokarbon di tiga SMAN kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Yogyakarta, SMAN 9 Yogyakarta, dan SMAN 10 Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi pembelajaran kimia materi pokok hidrokarbon, wawancara dengan tiga guru kimia kelas X dari tiga SMAN di kota Yogyakarta, dan studi dokumenter terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan sumber belajar. Observasi dilakukan untuk keseluruhan pertemuan tentang materi pokok hidrokarbon di kelas X, yang disampaikan dalam 4-5 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang digunakan pada pembelajaran kimia materi pokok hidrokarbon meliputi bagan pengelompokkan hidrokarbon dan grafik titik didih alkana yang termasuk model deskriptif, gambar bentuk senyawa aromatik, alisiklik, dan heterosiklik yang termasuk model deskriptif dan dua dimensi, rumus struktur dan persamaan reaksi senyawa hidrokarbon yang termasuk model deskriptif dan simbolik, rumus umum alkana, alkena, dan alkuna yang termasuk model prediktif dan spesifik, aturan tata nama dan aturan Markovnikof senyawa hidrokarbon yang termasuk model normatif, dan molymood yang termasuk model deskriptif, ikonis, dan multi dimensi. Sedangkan analogi yang digunakan meliputi analogi pada konsep kekhasan atom karbon, isomer alkana, dan reaksi adisi alkena yang termasuk analogi deklaratif, dan analogi pada konsep aturan tata nama dan sifat alkuna, dan isomer posisi dan isomer rangka alkuna yang termasuk analogi induktif. Dalam penggunaan model, para guru kimia yang menjadi subjek penelitian ini masih mengalami beberapa kendala terkait keterbatasan model, keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana, dan kesulitan dalam mencari/membuat model. Sedangkan kendalakendala yang dihadapi oleh guru kimia dalam penggunaan analogi adalah keterbatasan analogi dan kesulitan dalam mencari/menemukan analogi yang sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nina Hamidah, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran kimia, hidrokarbon, model, analogi, kendala
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 14:37
Last Modified: 23 Feb 2016 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13304

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum