PENGEMBANGAN FLAP BOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA

ADIKA EPRIN PALASARI , NIM. 10690020 (2014) PENGEMBANGAN FLAP BOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN FLAP BOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN FLAP BOOK FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar berbentuk flap book fisika pada materi cahaya yang berkualitas melalui proses pengembangan serta mengetahui respon dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP/MTs kelas VIII setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang dibatasi sampai pada tahap ke tujuh yakni revisi produk operasional. Indikator kemampuan berpikir kreatif dibatasi pada ciri-ciri aptitude yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan tes kognitif. Respon siswa pada uji coba lapangan tahap awal dilakukan terhadap 7 siswa kelas VIII SMP N 14 Yogyakarta. Respon siswa pada uji coba lapangan utama melibatkan 30 siswa kelas VIII E SMP N 12 Yogyakarta. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui pada tahap uji coba lapangan utama dengan menggunakan metode pre-experimental designs dengan jenis one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar validasi produk, lembar validasi soal tes & perangkat pembelajaran, lembar penilaian produk, lembar respon siswa dan soal (pretest/posttest). Berdasarkan hasil penelitian kualitas flap book fisika yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 3,45. Respon siswa terhadap flap book fisika yang dikembangkan memiliki kategori setuju (S) dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 3,19. Flap book fisika pada materi cahaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai sig.(1-tailed) 0,001<0,05. Kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,31. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa flap book fisika layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Joko Purwanto M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Flap Book Fisika, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 14:47
Last Modified: 05 Feb 2016 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum