ANALISIS RISIKO DAN PENGEMBALIAN HASIL INVESTASI PADA PERBANKAN SYARI’AH DAN KONVENSIONAL TAHUN 2009-2012: APLIKASI METODE VALUE AT RISK (VaR) DAN RISK ADJUSTED RETURN ON CAPITAL (RAROC)

ANA MUKARROMATUN ISLAMIYAH , NIM. 10390140 (2014) ANALISIS RISIKO DAN PENGEMBALIAN HASIL INVESTASI PADA PERBANKAN SYARI’AH DAN KONVENSIONAL TAHUN 2009-2012: APLIKASI METODE VALUE AT RISK (VaR) DAN RISK ADJUSTED RETURN ON CAPITAL (RAROC). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RISIKO DAN PENGEMBALIAN HASIL INVESTASI PADA PERBANKAN SYARI’AH DAN KONVENSIONAL TAHUN 2009-2012: APLIKASI METODE VALUE AT RISK (VaR) DAN RISK ADJUSTED RETURN ON CAPITAL (RAROC))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RISIKO DAN PENGEMBALIAN HASIL INVESTASI PADA PERBANKAN SYARI’AH DAN KONVENSIONAL TAHUN 2009-2012: APLIKASI METODE VALUE AT RISK (VaR) DAN RISK ADJUSTED RETURN ON CAPITAL (RAROC))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui ukuran dari risiko investasi keuangan dan pengembalian hasil pada Perbankan Syari’ah dan Perbankan Konvensional dengan menggunakan pendekatan Value at Risk (VaR) dan Risk Adjusted Return On Capital (RAROC). VaR digunakan untuk mengukur bobot bersih return dan risiko, sedangkan RAROC digunakan sebagai ukuran bobot bersih profitabilitas bank. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi kepada para investor mengenai keuangan dan risiko modal (capital risk) investasi di industri perbankan syariah dan konvensional, dalam jangka waktu deposito share atau obligasi menurut islam dan konvensional. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan Perbankan Syari’ah dan Perbankan Konvensional selama periode empat tahun yaitu 2009-2012. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis pembahasan menunjukkan bahwa investasi deposito di perbankan konvensional lebih menguntungkan dibanding investasi deposito muḍārabah di perbankan syari’ah. Rata-rata gross expected return terhadap equivalent rate dan interest rate cukup stabil. VaR (mean) dan VaR (zero) deposito 1, 3, 6 sepanjang tahun 2009-2012 memiliki trend yang sama yaitu meningkat. Sedangkan analisis RAROC menunjukkan bahwa potensi keuntungan perbankan konvensional lebih besar dibanding perbankan syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. M. Fakhri Husein, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Investasi, Non-Performing Financing, Non-Performing Loan, Return on Asset, Value at Risk, Risk Adjusted Return on Capital, deposito muḍārabah, potensi kerugian.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 08:37
Last Modified: 27 Sep 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item