PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM PROSES PRODUKSI PADA PT. ANEKA ADHILOGAM KARYA KLATEN

ANA SALMAH, NIM. 10340172 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM PROSES PRODUKSI PADA PT. ANEKA ADHILOGAM KARYA KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM PROSES PRODUKSI PADA PT. ANEKA ADHILOGAM KARYA KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM PROSES PRODUKSI PADA PT. ANEKA ADHILOGAM KARYA KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (567kB)

Abstract

PT. Aneka Adhilogam Karya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengecoran logam. Praktek pengecoran sendiri telah mendapat perhatian dari kalangan praktisi di bidang keselamatan dan kesehatan kerja, tidak lain karena sumber bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan ataupun penyakit akibat kerja. Bahaya terhadap kesehatan pada proses pengecoran logam disebabkan karena dalam proses produksinya, menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia, serta lingkungan kerja yang tidak sehat seperti kebisingan, polusi, debu dan benda panas selama bekerja mempunyai efek samping dapat menimbulkan penyakit akibat kerja seperti gangguan pernafasan, mata iritasi, luka bakar serta kecelakaan lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum keselamatan dan kesehatan terhadap tenaga kerja di PT. Aneka Adhilogam Karya dalam perspektif yuridis serta apa hambatan dalam memberikan perlindungan hukum keselamatan dan kesehatan terhadap tenaga kerja di PT. Aneka Adhilogam Karya Klaten. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, di mana pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi dan wawancara langsung sehingga mampu menggali lebih dalam tentang pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan perlindungan hukum terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Aneka Adhilogam Karya, perusahaan melakukan upaya-upaya yaitu penyediaan alat pelindung diri berupa masker, sarung tangan, sepatu boots, kaca mata, dan helm/topi pelindung kepala serta pengawasan terhadap tenaga kerja dan perawatan alat yang akan digunakan. Namun pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja belum sepenuhnya dapat diterapkan karena terdapat beberapa hambatan seperti belum terbentuknya manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan, serta lemahnya pengawasan dari Disnaker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Misbahul Mujib, S.Ag, M.Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 08:55
Last Modified: 10 Aug 2016 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13319

Actions (login required)

View Item View Item