PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2010-2012

ANISA NURUN NAJAH, NIM. 10390017 (2014) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2010-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2010-2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh intellectual capital dan tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan yang masuk daftar efek syariah (DES) periode 2010-2012. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan jenis penelitian bersifat eksplanasi. Variabel penelitian ini meliputi variabel independen (value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), value added structural capital (STVA), kepemilikan institusional, dewan komisaris independen dan komite audit) terhadap variabel dependen kinerja keuangan (ROE). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 23 perusahaan manufaktur yang masuk daftar efek syariah (DES) periode 2010-2012. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan studi dokumentasi. Jenis dan sumber datanya merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan masing-masing perusahaan. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, analisis regeresi berganda dan pengujian hipotesias. Pengolaha data menggunakan SPSS 20 for windows. Hasil pengujian variabel VACA menunjukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini ditunjukan dengan pemanfaatan atas sumber daya perusahaan secara efisien yang akan menciptakan value added dan meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil pengujian variabel VAHU menunjukan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini ditunjukan dengan personal skill yang dimiliki setiap karyawan berbeda-beda belum mampu menciptakan keunggulan kompetitip sehingga belum mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil pengujian variabel STVA menunjukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini ditunjukan dengan sistem atau teknologi yang canggih dimiliki perusahaan akan memudahkan proses kerja karyawan yang selanjutnya akan meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil pengujian variabel kepemilikan institusional menunjukan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini ditunjukan dengan persentase pemegang saham institusi yang tinggi menimbulkan agency conflict dalam perusahaan, sehingga tidak meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil pengujian variabel dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini ditunjukan dengan keberadaan dewan komisaris independen dengan fungsi pengawasan dalam persahaan menjadi tidak efektif dan belum mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil pengujian variabel komite audit menunjukan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Hal ini ditunjukan dengan keberadaan komite audit dalam perusahaan hanya bersifat formalitas dan belum mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Ghafur Wibowo, SE. M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : VACA, VAHU, STVA, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, return on equity (ROE).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 09:04
Last Modified: 27 Sep 2016 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum