PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA WANITA KARIR (STUDI TERHADAP KELUARGA HAKIM PEREMPUAN DI PENGADILAN AGAMA BANTUL)

ANWARUDDIN , NIM. 10350015 (2014) PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA WANITA KARIR (STUDI TERHADAP KELUARGA HAKIM PEREMPUAN DI PENGADILAN AGAMA BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA WANITA KARIR (STUDI TERHADAP KELUARGA HAKIM PEREMPUAN DI PENGADILAN AGAMA BANTUL))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA WANITA KARIR (STUDI TERHADAP KELUARGA HAKIM PEREMPUAN DI PENGADILAN AGAMA BANTUL))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (783kB)

Abstract

Keluarga sakinah merupakan bentuk keluarga yang diidamkan oleh setiap pasangan. Berbagai macam proses yang dilakukan oleh sebuah keluarga untuk mencapai bentuk keluarga idaman yang sesuai dengan ajaran Islam. Namun dalam konteks sekarang dengan pesatnya perkembangan zaman merubah pola pikir hidup manusia lebih modern dengan latar belakang intelektual kompeten, seorang istri tidak hanya memerankan fungsinya diranah domestik namun mereka ikut aktif mengaktualisasaikan keilmuan yang diperoleh. Salah satu hal yang menarik untuk dilakukan penelitian adalah sebuah proses pembentukan keluarga yang dibentuk oleh istri yang mempunyai karir sebagai hakim di Pengadilan Agama Bantul, karena tugas seorang hakim adalah menerima, memeriksa, dan memutus perkara di suatu lingkungan peradilan maka butuh pemikiran yang tenang dan jernih untuk memecahkan sebuah kasus yang ditangani tanpa melalaikan kewajibannya sebagai seorang istri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih mendalam tentang pandangan hukum Islam mengenai konsep keluarga sakinah yang dibentuk oleh wanita karir khususnya hakim perempuan PA Bantul dan sejauh mana profesi tersebut berpengaruh terhadap pembentukan keluarga sakinah. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian adalah dengan menggunakan pendekatan normatif yaitu menggunakan tolak ukur agama (Al-Qur’ān dan Hadis serta kaidah-kaidah fikih dan ushul fikih) yang berkaitan dengan konsep keluarga sakinah yang dibentuk oleh wanita karir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dan data diperoleh dengan cara wawancara kepada keluarga hakim perempuan PA Bantul. Dari hasil penelitian, Pandangan hukum Islam terhadap konsep keluarga sakinah yang dibentuk oleh wanita karir (hakim perempuan Pengadilan Agama Bantul) adalah sebuah keluarga dapat merasakan adanya ketenteraman, kenyamanan dan ketenangan jiwa baik lahir maupun batin bagi setiap anggota keluarga. Meskipun seorang istri mempunyai peran ganda antara keluarga dan tuntutan pekerjaan, tetapi setiap anggota keluarga telah melaksanakan hak dan kewajiban yang harus dijalani setiap keluarga melandasinya dengan nilai agama, menjalin hubungan silaturahmi dengan sanak keluarga dan bersosialasi dengan masyarakat sekitar. Profesi sebagai hakim tidak mengganggu fungsi hak dan kewajiban yang dijalankan oleh masingmasing anggota keluarga bahkan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan rumah tangga para keluarga hakim perempuan ini. Dalam melaksanakan profesi sebagai hakim yang mana dalam kesehariannya menerima, memeriksa, dan memutus perkara pada suatu lingkungan peradilan justru membuat rumah tangga mereka semakin utuh dan kokoh berkat adanya pelajaran berharga dari permasalahanpermasalahan yang mereka selesaikan dari para pihak yang berperkara seputar rumah tangga mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. A. Malik Madany, MA.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Jul 2014 02:16
Last Modified: 18 Apr 2016 07:57
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item