STRATEGI MENINGKATKAN PANGSA PASAR PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA DENGAN LEVERAGE MODEL STRATEGY

FILZA ZATA LINA, NIM. 10390156 (2014) STRATEGI MENINGKATKAN PANGSA PASAR PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA DENGAN LEVERAGE MODEL STRATEGY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENINGKATKAN PANGSA PASAR PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA DENGAN LEVERAGE MODEL STRATEGY)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENINGKATKAN PANGSA PASAR PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA DENGAN LEVERAGE MODEL STRATEGY)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan aset perbankan syariah dalam kurun waktu 2009 hingga 2013 terus menunjukkan tren yang meningkat baik dari segi kuantitas dan kualitas pasca penerapan kebijakan office chanelling. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan total aset, komposisi dana pihak ketiga (DPK) dan komposisi pembiayaan. Tetapi walaupun aset perbankan syariah terus meningkat namun target pangsa pasar perbankan syariah belum tercapai sehingga penerapan office channeling ini dinilai kurang efektif. Oleh karena itu BI dan OJK membuat kebijakan Sistem Leveraging sebagai langkah untuk memperluas pangsa pasar perbankan syariah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian terapan dengan tujuan menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah penelitian, serta penelitian eksploratif karena dalam penelitian ini dirumuskan suatu strategi melalui perumusan suatu strategi peningkatan market share perbankan syariah dengan tingkat growth, product dan risk financing customer. Penelitian ini menggambarkan market share perbankan syariah yang dilakukan dengan mengukur pengaruh variabel independen yaitu growth, product dan risk financing customer. Selanjutnya dari masing-masing variabel dilakukan analisis lebih mendalam dengan mengembangkan masingmasing variabel independen sebagai faktor utama kedalam sub-variabel independen, sehingga akan diperoleh tingkat signifikansi dan konstanta untuk kemudian digunakan sebagai acuan dalam perumusan strategi meningkatkan market share perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah dan unit usaha syariah di Indonesia periode 2010-2013. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalaui website Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel utama yaitu Growth, Product dan Risk Financing Customer, yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap market share adalah variabel Product dengan sub variabel Funding Product yang paling berpengaruh terhadap variabel utama. Sedangkan pada variabel Growth sub variabel yang paling berpengaruh adalah sub variabel network, dan pada variabel Risk Financing Customer, sub variabel yang paling berpengaruh adalah sub variabel UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Syafiq. M. Hanafi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Market Share Shariah Banking, Growth, Product, Risk Financing Customer.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 10:02
Last Modified: 27 Sep 2016 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum