LARANGAN ANAK KEPADA IBU (JANDA) UNTUK MENIKAH LAGI DALAM TINJAUAN MAS{L{LAH{A{AH (STUDI KASUS DESA BLITAR KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH)

KHUSNI WAJID ANWAR, NIM. 10350082 (2014) LARANGAN ANAK KEPADA IBU (JANDA) UNTUK MENIKAH LAGI DALAM TINJAUAN MAS{L{LAH{A{AH (STUDI KASUS DESA BLITAR KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LARANGAN ANAK KEPADA IBU (JANDA) UNTUK MENIKAH LAGI DALAM TINJAUAN MAS{L{LAH{A{AH (STUDI KASUS DESA BLITAR KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (969kB) | Preview
[img] Text (LARANGAN ANAK KEPADA IBU (JANDA) UNTUK MENIKAH LAGI DALAM TINJAUAN MAS{L{LAH{A{AH (STUDI KASUS DESA BLITAR KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Persoalan larangan anak kepada ibu (janda) untuk menikah lagi dalam tinjauan mas}lah}ah di Desa Blitar menggambarkan betapa keringnya kehidupan keluarga dikarenakan banyaknya single parent yang menghabiskan waktunya untuk bekerja mencari nafkah dan sedikit sekali meluangkan waktunya untuk mengasuh anak dengan baik. Hal tersebut yang memicu para single parent memiliki keinginan untuk menikah lagi, akan tetapi keinginan tersebut dilarang oleh anaknya sehingga seorang single parent harus bekerja keras untuk mencari nafkah demi menghidupi anak dan keluarganya. Realitas bahwa dunia kerja menggunakan waktu yang tidak compatible dengan keluarga, misalnya dalam keluarga single parent yang bekerja sebagai pedagang harus meninggalkan anak dan keluarganya dari pagi sampai menjelang malam sehingga anak hanya mempunyai waktu sedikit untuk berkomunikasi dengan ibunya. Adapun yang menjadi pembahasan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui apa alasan anak melarang ibunya menikah lagi dan bagaimana dampak larangan anak terhadap kehidupan keluarga dalam tinjauan mas}lah}ah kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kaidah fiqh. Penelitian ini berawal ketertarikan penyusun untuk mendeskripsikan masalah larangan anak kepada ibu (janda) untuk menikah lagi dalam tinjauan mas}lah}ah yang terjadi di Desa tempat tinggal penyusun. Populasi penelitian ini adalah keluarga single parent Desa Blitar Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah 4 keluarga single parent yang mendapatkan permasalahan larangan anak kepada ibu (janda) untuk menikah lagi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dikarenakan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, angket, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif. Sifat penelitian ini adalah preskriptif. Analisis kualitatif dengan menggunakan metode deduktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pada akhir penelitian, penyusun menyimpulkan bahwa alasan-alasan yang menyebabkan anak melarang ibunya menikah lagi adalah faktor sosial yang merupakan lingkungan anak belajar dan bermain, faktor ekonomi untuk menjaga harta warisan dari ayahnya, dan faktor psikologi rasa takut anak mempunyai saudara tiri atau ayah tiri. Bentuk dampak yang terjadi pada antara lain: anak menjadi nakal dan pemalas, dan munculnya generasi konsumtif. Sehingga anak menjadi berani melawan dan membangkang kepada orangtua. Fenomena anak melarang ibunya untuk menikah lagi mengakibatkan keluarga menjadi kurang harmonis sehingga tidak tercapainya sebuah kemaslahatan dalam keluarga. Pertimbangan mas}lah}ah dan mafsadat ternyata juga terdapat mafsadat yang lebih banyak. Untuk mengukur kemaslahatan dalam keluarga, maka penyusun berpegang pada kaidah fiqh dan hukum Islam sebagai pisau analisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :Prof. Dr. Khoiruddin Nasution, MA.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 10:32
Last Modified: 19 Apr 2016 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum