PENGARUH HARGA SUKUK NEGARA RITEL, TINGKAT INFLASI, BI RATE, DAN TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN SUKUK RITEL SR 003

MUHAMMAD MAFTUH , NIM. 10390079 (2014) PENGARUH HARGA SUKUK NEGARA RITEL, TINGKAT INFLASI, BI RATE, DAN TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN SUKUK RITEL SR 003. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HARGA SUKUK NEGARA RITEL, TINGKAT INFLASI, BI RATE, DAN TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN SUKUK RITEL SR 003)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HARGA SUKUK NEGARA RITEL, TINGKAT INFLASI, BI RATE, DAN TINGKAT BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN SUKUK RITEL SR 003)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

Investasi adalah salah satu alokasi keuangan yang dilakukan oleh masyarakat. Ada bermacam-macam jenis investasi. Salah satunya penanaman investasi pada pasar modal. Pasar modal saat ini tidak hanya tersedia konvensional tetapi juga ada yang mengacu pada prinsip syari’ah. Ada tiga macam produk yang diterbitkan di pasar modal syariah yaitu reksadana syariah, saham syariah yang lebih dikenal dengan Jakarta Islamic Index (JII), dan obligasi syariah (sukuk). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga sukuk negara ritel, tingkat inflasi, bi rate, dan tingkat bagi hasil deposito mudharabah terhadap tingkat permintaan sukuk ritel SR-003. Populasi dalam penelitian ini adalah sukuk ritel SR-003. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh, dan sampel yang diperoleh adalah data harga pasar bulanan dari sukuk ritel seri SR 003 untuk periode Februari 2011 hingga Desember 2013. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel independen harga sukuk negara ritel, tingkat inflasi, BI Rate, dan tingkat bagi hasil deposito mudharabah, berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen tingkat permintaan sukuk ritel SR 003.. Secara parsial variabel harga sukuk negara ritel berpengaruh negatif signifikan terhadap permintaan sukuk ritel. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap tingkat permintaan sukuk ritel SR 003 adalah variabel tingkat inflasi, BI Rate, dan tingkat bagi hasil deposito mudharabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menentukan tingkat investor terhadap permintaan sukuk ritel SR 003 adalah harga sukuk ritel itu sendiri. Karena dalam hukum permintaan variabel harga merupakan salah satu determinan yang merubah keseimbangan sepanjang kurva permintaan selain tingkat bunga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibnu Qizam, SE., M.Si., Akt.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: harga sukuk negara ritel, tingkat inflasi, BI Rate, tingkat bagi hasil deposito mudharabah dan permintaan sukuk ritel
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 10:53
Last Modified: 27 Sep 2016 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum