PENGARUH EFISIENSI MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT RETURN ON INVESTMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2012

NUR HARSI TELASIH , NIM. 10390174 (2014) PENGARUH EFISIENSI MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT RETURN ON INVESTMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH EFISIENSI MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT RETURN ON INVESTMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH EFISIENSI MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT RETURN ON INVESTMENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2009-2012)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Setiap perusahaan akan melakukan berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, setiap aktivitas perusahaan selalu memerlukan dana (modal kerja) untuk melangsungkan kegiatan operasional sehari-hari, dimana dana yang dikeluarkan diharapkan akan dapat kembali lagi masuk dalam perusahaan melalui hasil penjualan produknya. Pengelolaan dana yang efisien akan menyebabkan perolehan laba secara maksimal. Selain pengelolaan dana modal kerja yang efektif, dalam memperoleh profitabilitas, perusahaan juga perlu memperhatikan dari sisi likuiditas. Selain itu, ukuran perusahaan juga merupakan salah satu faktor yang menentukan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh efisiensi modal kerja yg diukur dengan Working Capital Turnover, likuiditas yang diukur dengan Current Ratio, dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen terhadap tingkat profitabilitas yang diukur menggunakan rasio Return On Investment sebagai variabel dependen pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang masuk dalam Daftar Efek Syari’ah (DES) 2009-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh WCT, CR dan ukuran perusahaan terhadap Return On Investment tahun 2009-2012. Pada periode tahun tersebut terdapat 18 perusahaan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling terhadap 18 perusahaan yang konsisten mempublikasikan laporan keuangan lengkap di Daftar Efek Syariah periode tahun 2009-2012 dan memiliki nilai ROI positif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independen WCT, CR, dan Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dan mempunyai koefisien positif terhadap ROI. Artinya, jika terjadi peningkatan WCT, CR, dan Ukuran perusahaan maka akan diikuti oleh kenaikan tingkat ROI. Adapun besarnya adjusted R-squared yaitu 0.23 yang berarti ROI mampu dijelaskan oleh variabel independen sebesar 23%dan sisanya sebesar 77% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibnu Qizam, S.E., M.Si., Ak. CA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: WCT, CR, Ukuran perusahaan, ROI.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 11:23
Last Modified: 27 Sep 2016 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum