UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK OLEH PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DI KABUPATEN WONOGIRI

PRINEA ROMANTIKA , NIM. 10340148 (2014) UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK OLEH PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DI KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK OLEH PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DI KABUPATEN WONOGIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK OLEH PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DI KABUPATEN WONOGIRI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)

Abstract

Kekerasan seksual terhadap anak menyisakan duka yang mendalam di dada anak-anak. Berbagai tindak kekerasan dialami oleh anak-anak. Kekerasan seksual terhadap anak terus berlanjut dengan intensitas yang makin meningkat dan motif yang makin beragam. Fakta kekerasan yang diberitakan media massa merupakan fenomena gunung es. Banyak kasus yang menjadikan anak sebagai korban kekerasan secara, seksual, fisik, psikis, dan penelantaran.Dengan lahirnya Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2010 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanganan Kekerasan terhadap anak di dalamnya telah mengatur Upaya Pencegahan Kekerasan terhadap Anak.Dari sinilah penyusun tertarik untuk meneliti apa faktor penyebab terjadinya kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Wonogiri, bagaimana upaya (P2TP2A) dalam mencegah kekerasan seksual terhadap anak, dan Kendala apa saja yang dihadapi nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi yaitu penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan(library research), yaitu penelitian yang obyeknya langsung pada Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak(P2TP2A) Wonogiri dan masyarakat Kabupaten Wonogiri melalui wawancara dan informasi dari anggota (P2TP2A)yang dilengkapi dan diperkuat dengan buku-buku literatur yang berkaitan dengan permasalahan. Pendekatan yang digunakan penyusun pendekatan Yuridis Empiris, yang mana pendekatan yuridis dengan melihat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2010 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanganan Kekerasan terhadap anak. Sedangkan, pendekatan empiris yaitu melihat upaya (P2TP2A) dalam mencegah kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Wonogiri. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penyusun adalah upaya pencegahan Kekerasan Seksual terhadap Anak yang dilaksanankan oleh (P2TP2A) Wonogiri, yaitu dengan terlaksananyaAdvokasi dalam penguatan kelembagaan, sosialisasi-sosialisasi ke berbagai elemen masyarakat, Pencegahan melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pun sudah terlaksanadengan membuat leaflet, stiker, pin, poster dan pemasangan baliho melalui Siaran Radio, media cetak, dan pemasangan baliho di beberapa titik Wilayah Wonogiri. Selanjutnya melalui media elektronik antara lain dengan cara pres rilis kegiatan dengan membuat laporan kegiatan ke surat kabar. dan memanfaatkan Radio negeri yaitu Radio Siaran Pemerintah Daerah dan Gis FM masuk dalam berita daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ach. Tahir, S.H.I., S.H., LL.M., M.A
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 11:37
Last Modified: 18 Aug 2016 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum