PERLINDUNGAN HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP TENAGA KERJA DI PABRIK GULA REJOSARI KABUPATEN MAGETAN

DEWI LAILUL RAKHMADANIK , NIM. 10340065 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP TENAGA KERJA DI PABRIK GULA REJOSARI KABUPATEN MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PERLINDUNGAN HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP TENAGA KERJA DI PABRIK GULA REJOSARI KABUPATEN MAGETAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148MB) | Preview
[img] Text ( PERLINDUNGAN HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP TENAGA KERJA DI PABRIK GULA REJOSARI KABUPATEN MAGETAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)

Abstract

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting dalam Pembangunan Nasional, oleh karena itu diperlukan usaha-usaha untuk membina, mengarahkan serta perlindungan bagi tenaga kerja untuk menciptakan kesejahteraan berkaitan dengan yang dilakukannya. Perlindungan tersebut juga terkait dengan resiko kecelakaan kerja yang sering terjadi di beberapa perusahaan, salah satunya yang terjadi di Pabrik Gula Rejosari bulan September tahun lalu. Kecelakaan kerja memberikan luka mendalam bagi dunia ketenagakerjaan khususnya para tenaga kerja dan karyawan yang bekerja di Pabrik Gula Rejosari. Kejadian tersebut menunjukan pentingnya Perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap tenaga kerja agar tercipta kenyamanan dan keamanan saat bekerja. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik dengan untuk melakukan penelitian yang berjudul “Perlindungan Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Tenaga Kerja di PG Rejosari Kabupaten Magetan”. Adapun perumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana implementasi perlindungan hukum keselamatan dan kesehatan terhadap tenaga kerja di PG Rejosari berdasarkan Pasal 86 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 dan kendala apa saja yang dialami PG Rejosari dalam memberikan perlindungan hukum keselamatan dan kesehatan terhadap tenaga kerjanya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan Yurisidis-Normatif dengan menentukan pada segi-segi yuridis dan melihat pada peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan perlindungan tenaga kerja tersebut. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu penelitian yang menyelesaikan masalah dengan cara mendeskripsikan masalah melalui pengumpulan, penyusunan dan menganalisis data. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian langsung yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian perlindungan hukum di PG Rejosari telah berjalan baik yaitu dengan mengikutsertakan tenaga kerja pada program Jaminan Sosial Tenaga Kerja serta melakukan upaya-upaya penyediaan alat-alat pelindung diri berupa penutup kepala, pelindung mata, tali pengaman, alat penutup diri serta pembinaan dan pengawasan terhadap tenaga kerja yang berkenaan dengan pekerjaannya. Sedangkan kendala yang dihadapi PG Rejosari terkait dengan pelaksanaan perlindungan hukum tenaga kerja di PG Rejosari adalah kesaradan diri dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Fatimah SH, M.Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 12:39
Last Modified: 15 Aug 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum