KINERJA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA DITINJAU DARI MAQĀṢID SYARĪ’AH : PENDEKATAN SYARĪ’AH MAQĀṢID INDEX (SMI) DAN PROFITABILITAS

DZIKRON ABDILLAH , NIM. 10390050 (2014) KINERJA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA DITINJAU DARI MAQĀṢID SYARĪ’AH : PENDEKATAN SYARĪ’AH MAQĀṢID INDEX (SMI) DAN PROFITABILITAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KINERJA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA DITINJAU DARI MAQĀṢID SYARĪ’AH : PENDEKATAN SYARĪ’AH MAQĀṢID INDEX (SMI) DAN PROFITABILITAS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KINERJA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA DITINJAU DARI MAQĀṢID SYARĪ’AH : PENDEKATAN SYARĪ’AH MAQĀṢID INDEX (SMI) DAN PROFITABILITAS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan maqāṣid syarī’ah merupakan sebuah kewajiban bagi setiap individu atau lembaga keuangan Islam seperti bank syariah, namun sampai saat ini belum ada pengukuran kinerja dan laporan maqāṣid syarī’ah yang dilakukan terhadap bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja perbankan syariah di Indonesia dilihat dari aspek maqāṣid syarī’ah, dengan menggunakan pendekatan Syarī’ah Maqāṣid Index (SMI) dan profitabilitas. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata profitabilitas setiap perbankan syariah yang dihitung menggunakan metode Comparative Performance Index (CPI) dan perhitungan SMI, maka didapatkan hasil bahwa Bank Mega Syariah menjadi bank syariah dengan nilai CPI tertinggi. Sedangkan dari perhitungan SMI, Bank Muamalat menduduki peringkat pertama yang menunjukkan bahwa Bank Muamalat menjadi bank syariah yang sudah melaksanakan aspek maqāṣid syarī’ah dengan baik. Di dalam diagram perbandingan menunjukann bahwa hasil perbandingan antara kinerja profitabilitas dengan pelaksanaan maqāṣid syarī’ah yang telah dilakukan oleh masing-masing perbankan syariah hasilnya berbedabeda. Kedelapan Bank Umum Syariah memiliki kelebihan masing-masing dalam melaksanakan elemen-elemen maqāṣid syarī’ah maupun pelaksanaan kinerja keuangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Syafiq M hanafi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perbankan Syariah, Maqāṣid Syarī’ah, Profitabilitas.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 12:57
Last Modified: 27 Sep 2016 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum