PENGARUH PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) TERHADAP RETURN DAN RISIKO PASAR SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2012

LILIM HALIMAH KHOMISAH, NIM. 10391036 (2014) PENGARUH PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) TERHADAP RETURN DAN RISIKO PASAR SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) TERHADAP RETURN DAN RISIKO PASAR SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) TERHADAP RETURN DAN RISIKO PASAR SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING DI DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2008-2012)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)

Abstract

Perataan laba (income smoothing) adalah proses manipulasi laporan earning untuk mengurangi fluktuasi earning tersebut hingga tingkat yang dianggap normal oleh perusahaan. Tindakan ini sering digunakan oleh manager untuk mengurangi risiko pasar saham perusahaan. Tindakan perataan laba terjadi karena investor atau calon investor dalam menilai kinerja perusahaan sering memusatkan perhatiannya kepada laba perusahaan dalam laporan keuangan yang dipublikasikan. Tujuan skripsi ini adalah untuk meneliti apakah ada pengaruh perataan laba ini terhadap return saham dan risiko pasar saham untuk perusahaan yang tercatat di Daftar Efek Syariah. Selanjutnya apakah ada perbedaan antara return saham dan risiko pasar saham yang melakukan perataan laba dengan return saham dan risiko pasar saham perusahaan yang tidak melakukan perataan laba. Sampel yang digunakan sebanyak 50 perusahaan dari 180 perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah sebelum tanggal 31 desember 2007 untuk tahun dasarnya hingga tanggal 31 Desember 2012. Pengambilan sempel dilakukan dengan metode purposive sampling. Perusahaan-perusahaan diklasifikasikan menggunakan indeks eckel berupa laba bersih dan penjualan bersih. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik nonparametric kormogorove-smirnove untuk menguji kenormalan data dan untuk menguji pengaruh perataan laba terhadap return dan risiko pasar saham serta digunakan uji independent sample ttest untuk menguji signifikansi perbedaan return saham dan risiko pasar saham perusahaan yang melakukan perataan laba dengan return saham dan risiko pasar saham perusahaan yang tidak melakukan perataan laba. Hasil penelitian pada hipotesis pertama dan kedua menunjukkan adanya perbedaan rata-rata return dan risiko saham antara perusahaan yang melakukan perata laba dengan perusahaan yang tidak melakukan perata laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibnu Qizam, SE., M.Si, Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perataan Laba (Income Smoothing), Return, Dan Risiko
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 13:30
Last Modified: 27 Sep 2016 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum