BANTUAN HUKUM TERHADAP ANAK OLEH YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN ANAK

SUKRON MAKMUN , NIM. 10340158 (2014) BANTUAN HUKUM TERHADAP ANAK OLEH YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN ANAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( BANTUAN HUKUM TERHADAP ANAK OLEH YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN ANAK )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( BANTUAN HUKUM TERHADAP ANAK OLEH YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN ANAK )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Dewasa ini sering sekali kita menjumpai maupun mendengar dan melihat banyak sekali kasus pelanggaran hukum maupun sengketa yang membawa anak-anak sebagai korbannya. Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga resmi yang terbentuk atas Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 81/HUK/1997 tentang pembentukan Lembaga Perlindungan Anak. Sehingga setiap kasus yang menyangkut dan membawa anak-anak sebagai korban, pelaku maupun saksi di daerah Istimewa Yogyakarta ditangani dan didampingi oleh Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) DIY. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka dapat dirumuskan pemasalahan yaitu: Bagaimana Bantuan Hukum terhadap Anak yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) di daerah Istimewa Yogyakarta. Dan Apakah kendala-kendala dalam pelaksanaan bantuan hukum terhadap anak yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga Perlindungan anak Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang sumbernya langsung dari penelitian dan observasi di YLPA Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis maksudnya adalah analisis penelitian yang mengungkapkan suatu masalah atau keadaan ataupun peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat mengungkapkan fakta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terjawab bahwa pelaksanaan Bantuan Hukum terhadap anak oleh Yayasan Lembaga perlindungan anak (YLPA) Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai mediator dan kuasa hukum kasus-kasus mengenai anak. Pelaksanaan penyelesaian kasus-kasus yang ditangani Yayasan Lembaga Perlindungan Anak daerah Istimewa Yogyakarta telah menggunakan jalur litigasi (putusan pengadilan) maupun non litigasi (perdamaian/kesepakatan). Selain itu prosedur penyelesaian kasus juga selalu berpegang teguh pada undang-undang Bantuan Hukum maupun Undang-undang Perlindungan Anak. Ada beberapa kendala yang dialami YLPA Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyelesaikan perkara anak, antara lain: hambatan birokrasi, mahalnya biaya berperkara perdata, Keterbatasan fasilitas dan biaya operasional, terlalu menutup diri oleh keluarga korban maupun pelaku kepada YLPA, dan kurangnya pekerja di Yayasan Lembaga perlindungan anak karena YLPA bersifat Yayasan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Bahiej, SH., M. Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:04
Last Modified: 18 Aug 2016 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum