PERANAN PENDIDIKAN KETRAMPILAN DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (Life Skill) SISWA DI MTs NEGERI TEMPEL

EVA NOFITA SARI - NIM. 03470641, (2008) PERANAN PENDIDIKAN KETRAMPILAN DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (Life Skill) SISWA DI MTs NEGERI TEMPEL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kecakapan Hidup (Life Skill) merupakan kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk mampu memecahkan permasalahan hidup secara kreatif tanpa merasa tertekan serta secara kreatif mencari dan menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya. Pendidikan keterampilan Di MTs Negeri Tempel memegang peranan penting dalam mengembangkan kecakapan hidup siswa, khususnya pada aspek kecakapan Kejuruan/ vokasional. Tetapi tidak menutup kemungkinan pada aspek yang lain bisa juga dikembangkan melalui pelajaran keterampilan ataupun mata pelajaran lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pendidikan keterampilan yang diprogramkan di Madrasah serta bagaiman peranan pendidikan keterampilan dalam mengembangkan kecakapan hidup (life skill) siswa MTs Negeri Tempel. Hasil ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada Madrasah atau sekolah-sekolah lain tentang pentingnya pendidikan yang berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup (life skill). Populasi dalam penelitian ini adalah guru keterampilan sebanyak 1 orang dan seluruh siswa kelas IX A yang berjumlah 34 siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Bentuk pendidikan keterampilan yang diprogrmkan di MTs Negeri Tempel adalah bahwa keterampilan merupakan mata pelajaran biasa seperti halnya pelajaran lainnya yang ada di MTs Negeri Tempel. Untuk memperdalam pendidikan keterampilan tersebut, maka pihak sekolah memprogramkan bagian dari materi pelajaran keterampilan sebagai kegiatan ekstrakurukuler. Adapun yang menjadi kegiatan ektrakurikuer tersebut adalah tata busana dan tata boga. Pendidikan keterampilan dalam mengembangkan kecakapan hidup (life skill) siswa kelas IX A MTs Negeri Tempel secara kuantitatif dapat dinyatakan baik, hal ini didasarkan atas 4 aspek kecakapan hidup yaitu kecakapan personal (personal skill), kecakapan sosial (social skill), kecakapan akademik (academic skill) dan kecakapan vokasional (vocational skill).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Dr. Abd. Rachman Assegaf.
Uncontrolled Keywords: Kecakapan hidup, pendidikan keterampilan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item