ANALISIS PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DENGAN METODE INDEK TUNGGAL DAN CONSTANT CORELATION (STUDI KASUS PADA SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2010-2013)

EGI NOVRIANTO , NIM. 10390171 (2014) ANALISIS PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DENGAN METODE INDEK TUNGGAL DAN CONSTANT CORELATION (STUDI KASUS PADA SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2010-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DENGAN METODE INDEK TUNGGAL DAN CONSTANT CORELATION (STUDI KASUS PADA SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2010-2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS PORTOFOLIO SAHAM SYARIAH DENGAN METODE INDEK TUNGGAL DAN CONSTANT CORELATION (STUDI KASUS PADA SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2010-2013))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saham merupakan salah satu instrumen yang sering dipakai dalam berinvestasi. Tingkat pengembalian (return) saham dan besarnya risiko yang di tanggung investor merupakan hal yang perlu diperhatikan. Untuk mengoptimalkan return dan meminimalkan risiko dapat dibentuk portofolio saham. Berdasarkan itu, penelitian ini mengangkat suatu masalah bagaimana merancang suatu simulasi portofolio optimal pada saham Jakarta Islamic Indexs pada tahun 2010-2013 dengan menggunakan metode Indeks Tunggal dan constant corelation. Metode indeks tunggal merupakan metode analisis pembentukan portofolio yang membandingkan rasio ERB dan nilai C*. Sedangkan metode constant corelation memiliki prosedur yang hampir sama dengan metode indeks tunggal hanya saja pemeringkatan saham berdasarkan rasio ERS dan nilai C* untuk mendapatkan saham yang optimal pada portofolio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif yang didasarkan atas survey terhadap objek penelitian yaitu JII dari bulan Januari 2010- Desember 2013, diperoleh sampel saham sebanyak 14 saham kandidat portofolio. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan yang Signifikan antara tingkat return dan risiko portofolio yang dibentuk dengan metode indeks tunggal dan metode constant corelation. Hasil penelitian menunjukkan portofolio yang dibentuk dengan metode indeks tunggal menghasilkan rata-rata return portofolio sebesar 0.01106 dan risiko portofolio sebesar 0.04571, sedangkan metode constant corelation menghasilkan return portofolio rata-rata sebesar 0.01362 dan rata-rata risiko portofolio sebesar 0.03154. Berdasarkan hasil hipotesis uji beda rata-rata (uji-t) untuk return portofolio menunjukan nilai profitabilitas (sig. 2-tailed) > nilai signifikansi 5%, yaitu 0.940 > 0.05 dan untuk risiko portofolio 0.055 > 0.05 maka hipotesis yang diajukan peneliti ditolak. Dengan kata lain tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara return dan risiko portofolio yang di bentuk dengan metode indeks tunggal dan constant corelation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Syafiq. M. Hanafi., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Jakarta Islamic Indeks, Portofolio, Metode Indeks Tunggal dan Metode Constant Corelation.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:36
Last Modified: 27 Sep 2016 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum