PENGARUH MAJELIS DZIKIR TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI KASUS MAJELIS DZIKIR AL-KHIDMAH DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL FALAH BANTUL YOGYAKARTA)

MUHAMAD AMIR YUSUF, NIM. 09350056 (2014) PENGARUH MAJELIS DZIKIR TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI KASUS MAJELIS DZIKIR AL-KHIDMAH DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL FALAH BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MAJELIS DZIKIR TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI KASUS MAJELIS DZIKIR AL-KHIDMAH DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL FALAH BANTUL YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MAJELIS DZIKIR TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI KASUS MAJELIS DZIKIR AL-KHIDMAH DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL FALAH BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga yang harmonis merupakan dambaan bagi semua insan yang telah melaksanakan pernikahan. Karena di dalam keluarga pasangan suami isteri dituntut untuk bisa menjadikan keluarganya sejahtera bahagia dan harmonis. Banyaknya persoalan sering dihadapi dalam kehidupan berkeluarga yang salah satunya diakibatkan oleh ketidak mampuan pasangan suami isteri dalam menciptakan keharmonisan keluarga baik dikarenakan faktor kurang terpenuhinya kebutuhan primer maupun sekunder atau kurang faham terhadap agama sehingga menjadikan hati tidak tenang yang kemudian berdampak pada hati menjadi mudah emosi. Kondisi hati yang tidak siap dan tenang dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan berkeluarga akan berdampak pula pada keharmonisan keluarga. Ketidak tenangan jiwa dapat diatasi dengan memperbanyak dzikir. Maka disinilah perlu adanya upaya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara berdzikir. Diantaranya adalah dengan mengikuti majelis dzikir yang salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan oleh jamaah Majelis Dzikir Al-Khidmah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatul Falah Bantul Yogyakarta. Kegiatan ini semata-mata untuk medekatkan diri kepada Allah swt. dengan tujuan mendoakan kedua orang tua, para leluhur yang telah mendahului dan para guru. Dengan berdzikir diharapkan dapat membentuk pribadi yang ihlas dan selalu bersyukur dan natinya menjadi pribadi yang tenang dalam menghapi berbagai persoalan hidup. Melihat minat masyarakat Yogyakarta dalam mengikuti Majelis Dzikir Al-Khidmah semakin banyak serta Visi dan Misi Al-Khidmah membentuk keluarga yang shalih-shalihah sejahtera lahir dan batin maka kegelisahan akademik peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana tata cara dan manfaat majelis dzikir Al-Khidmah mewujudkan keluarga yang shalih-shalihah sejahtera lahir dan batin serta bagaimana pengaruh Majelis Dzikir Al-Khidmah terhadap keharmonisan keluarga. Atas latar belakang di atas penulis mengadakan penelitian tentang pengaruh majelis dzikir yang dilakukan oleh jamaah Majelis Dzikir Al-Khidmah terhadap keharmonisan keluarga dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yaitu pengambilan data dengan cara observasi dan wawancara langsung terhadap jamaahnya. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik dengan pendekatan sosiologis dan fenomenologis kemudian menganalisanya dengan metode kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penyusun tentang pengaruh majelis dzikir terhadap keharmonisan keluarga pengikut Majelis Dzikir Al-Khidmah menunjukkan bahwa kegiatan amaliah yang dilakukan oleh jamaah Majelis Dzikir Al-Khidmah di Pondok Pesantren Hidayatul Falah Bantul mempunyai peran dan manfaat serta pengaruh positif dalam membentuk keluarga yang harmonis, sejahtera lahir dan batin. Dengan sering mengikuti Majelis Dzikir Al-Khidmah akan membuat hati menjadi tenang dan ketenangan hati yang dirasa ini akan membawa pengaruh terhadap keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abd. Madjid, AS, M.SI.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:45
Last Modified: 04 May 2016 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum