PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN (STUDI DI BRI CABANG TEMANGGUNG UNIT KANDANGAN)

SUSANTI , NIM. 10340168 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN (STUDI DI BRI CABANG TEMANGGUNG UNIT KANDANGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN (STUDI DI BRI CABANG TEMANGGUNG UNIT KANDANGAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN (STUDI DI BRI CABANG TEMANGGUNG UNIT KANDANGAN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Perlindungan hukum merupakan hal terpenting dalam perjanjian kredit, terutama untuk pemberi kredit (kreditur). Karena perlindungan hukum adalah segala bentuk upaya pengayoman terhadap harkat dan martabat manusia serta pengakuan terhadap hak asasi manusia di bidang hukum. Dalam penyusunan skripsi ini lebih menekankan pembahasan mengenai bagaimana perlindungan hukum dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan di BRI Cabang Temanggung Unit Kandangan dan bagaimana mekanisme penyelesaian kredit macet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya perlindungan hukum dan mekanisme penyelesaian kredit macet di BRI Cabang Temanggung Unit Kandangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif, contoh penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif adalah pengamatan dan studi kasus. Spesifikasi penelitian yang dipergunakan berupa penelitian Deskriptif Analitis. Deskriptif Analitis adalah penelitian terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan atau peristiwa sebagai mana adanya sehingga bersifat sekedar mengungkapkan fakta, dan menganalisa melalui data-data yang bersumber pada hasil observasi, hasil wawancara, telaah pustaka, serta sumber-sumber lain yang mendukung dan berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian ini menghasilkan bahwa upaya perlindungan hukum dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan di BRI Cabang Temanggung Unit Kandangan saat terjadi kredit macet sebagai mana kredit macet yang terjadi pada tahun 2003 sampai dengan tahun 2005, yang mewajibkan kepada bank sebagai pemberi kredit untuk membuat perjanjian secara tertulis yaitu dalam bentuk perjanjian akta otentik dan perjanjian di bawah tangan (akta di bawah tangan), dijelaskan pada pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Adapun mekanisme penyelesaian terhadap kredit macet adalah sebagai berikut: pertama melalui restrukturisasi, kedua damai dalam artian pihak bank membantu mencarikan solusi terbaik untuk pemecahan tersebut, jika jalan damai tidak direspon oleh debutur, langkah terahir yang dilakkukan yakni dengan pengajuan lelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Iswantoro, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perjanjian kredit, Perjanjian jaminan, Hak tanggungan, dan Perlindungan hokum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:48
Last Modified: 18 Aug 2016 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum