NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

HAMJADID - NIM. 04410675, (2008) NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini datang dari latar belakang masalah sosial yang sering terjadi di kalangan siswa SMA. Hal ini terlihat dari banyaknya perilaku yang menyimpang dalam diri siswa yang mengakibatkan masyarakatlah yang kemudian menjadi korban dari perilaku siswa yang menyimpang tersebut. Terbukti dengan banyaknya aksi tawuran, perkelahian, kenakalan di jalan raya dan tindak negatif lainnya. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosial apa saja yang terkandung dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan bagaimana metode yang digunakan guru dalam mentransformasikan nilai-nilai sosial tersebut melalui pembelajaran SKI Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara biasa, obesrvasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik hasil atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Nilai sosial yang terkandung dalam materi pembelajaran SKI kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah sikap toleransi yaitu terdapat pada materi perkembangan Islam di India. Kedua, sikap bekerjasama yaitu terdapat pada materi perkembangan Islam di Brunai Darrussalam, dan. Ketiga sikap harga menghargai yang terdapat pada materi perkembangan Islam di Thailand dan perkembangan Islam di Filipina. (2) Metode yang digunakan guru bidang studi SKI dalam mentransformasikan nilai-nilai sosial melalui pembelajaran SKI khususnya kelas XI adalah melalui metode cerita, pemberian nasehat dan penekanan pada materi yang mempunyai aspek sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Sejarah kebudayaan Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2012 10:08
Last Modified: 01 Aug 2017 02:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item