TINJAUAN NORMATIF YURIDIS TERHADAP DASAR HUKUM DAN PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PERKARA CERAI TALAK NO. 0046/Pdt.G/2012/PA.Yk DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA

ANAS ARIF WIBOWO, NIM. 08350043 (2014) TINJAUAN NORMATIF YURIDIS TERHADAP DASAR HUKUM DAN PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PERKARA CERAI TALAK NO. 0046/Pdt.G/2012/PA.Yk DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN NORMATIF YURIDIS TERHADAP DASAR HUKUM DAN PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PERKARA CERAI TALAK NO. 0046/Pdt.G/2012/PA.Yk DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN NORMATIF YURIDIS TERHADAP DASAR HUKUM DAN PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PERKARA CERAI TALAK NO. 0046/Pdt.G/2012/PA.Yk DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)

Abstract

Dalam Undang-undang Perkawinan dijelaskan bahwa perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pengadilan Agama adalah salah satu instansi pemerintah yang berperan menjaga tujuan mulia pernikahan agar sesuai dengan undang-undang no. 1 tahun 1974 tentang perkawinan, namun pada kenyataannya di sisi lain pengadilan agama juga sering digunakan beberapa pihak tertentu untuk menodai tujuan suci perkawinan itu sendiri dan bahkan juga terkesan memberikan celah untuk mempermainkan ikatan perkawinan yang sakral itu. Dua kewenangan Pengadilan Agama yang paling sering digunakan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat yaitu kewenangan pemberian dispensasi kawin dan kewenangan untuk memutuskan perkawinan. Beranjak dari keresahan penyusun akan permasalahn tersebut, maka penyusun berusaha mencari jawabannya dengan menganalisis secara lebih mendalam perkara cerai talak No. 0046/Pdt.G/PA/Yk. Perkara tersebut merupakan perkara perceraian yang diselesaikan di Pengadilan Agama Yogyakarta dan pada awalnya para pihak yang terlibat juga mengajukan permohonan dispensasi kawin di pengadilan agama yang sama yaitu pengadilan agama yogyakarta. Skripsi ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (Library Research), yang bersifat deskriptif analistis, yakni dengan mengambil data langsung di Pengadilan Agama Yogyakarta sehingga didapatkan gambaran tentang permasalahan yang menjadi pembahasan, yang kemudian dianalisa menggunakan metode analisis kualitatif deduktif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan cara mengumpulkan data-data penelitian yang diperoleh melalui catatan-catatan, transkrip, buku-buku maupun dokumen-dokumen penting hasil keputusan Hakim Pengadilan Agama Yogyakarta dan catatan-catatan lain yang berkaitan dengan masalah ini. Dalam menganalisa digunakan pendekatan yuridis dan sekaligus normatif, sehingga diketahui kesesuaian atau tidaknya dasar hukum dan pertimbangan majelis hakim Pengadilan Agama Yogyakarta dalam memutus perkara No.0046/Pdt.G/2012/PA.YK dengan Hukum Positif dan Hukum Islam. Setelah diadakan penelitian dan analisa, dapatlah dipahami dan diketahui bahwa perkara perceraian No.0046/Pdt.G/2012/PA.YK merupakan implikasi dari penetapan dispensasi nikah yang tetapkan oleh majelis hakim Pengadilan Agama Yogyakarta. Pernikahan dengan penetapan dispensasi nikah yang berimplikasi terhadap perceraian adalah pernikahan yang berdasarkan karena keterpaksaan dikarenakan hamil di luar nikah. Sehingga perceraian yang terjadi bukan karena kesalahan hakim dalam penetapan izin nikah yang kurang mempertimbangkan kemadaratan akan tetapi perceraian disebabkan karena tidak adanya pondasi yang kokoh sebelum menikah, kurang memiliki kesiapan dan kemampuan dalam menjalankan kehidupan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Malik Ibrahim, M.Ag
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 13:01
Last Modified: 18 Apr 2016 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum