ANALISIS PENYAJIAN MATERI MUFRADAT PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI TEXTBOOK BAHASA ARAB KARYA MUHAJIR, S.PD.I, DKK)

HESTI ZAIMA - NIM. 03420285, (2008) ANALISIS PENYAJIAN MATERI MUFRADAT PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI TEXTBOOK BAHASA ARAB KARYA MUHAJIR, S.PD.I, DKK). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENYAJIAN MATERI MUFRADAT PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (TUDI TEXTBOOK BAHASA ARAB KARYA MUHAJIR, S.PD.I, DKK))
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENYAJIAN MATERI MUFRADAT PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (TUDI TEXTBOOK BAHASA ARAB KARYA MUHAJIR, S.PD.I, DKK))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi mufradat yang disajikan dalam teksbook bahasa Arab karya Muhajir dkk dengan Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah. Karena mufradat merupakan materi yang urgen dalam pembelajaran bahasa Arab. Seseorang dapat terampil dan menguasai bahasa Arab jika ia menguasai mufradat. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep penyajian mufradat yang digunakan oleh Muhajir dkk ditinjau dari konsep seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi dan bagaimana kesesuaian penyajiannya dengan kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau Library Research. Dengan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer digunakan untuk mengetahui penyajian mufradat yang digunakan penyusun. Dalam hal ini sumber tersebut berupa teksbook bahasa Arab karya Muhajir dkk. Sumber data sekunder berupa buku-buku yang berhubungan dengan penyajian mufradat. Yaitu buku karya Mulyanto Sumardi yang berjudul Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian materi mufradat yang digunakan oleh Muhajir sudah mengikuti prinsip-prinsip seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Materi-materi yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh Departemen Agama. Ditambah dengan pengembangan materi mufradat. Hal ini terlihat dari jumlah mufradat yang disajikan lebih banyak dari jumlah yang ditetapkan dalam kurikulum. Teknik penyajiannya pun tidak terkesan kaku dan monoton. Muhajir menyajikan mufradat dengan alat bantu visual berupa gambar berwarna yang memungkinkan peserta didik tidak merasa jenuh atau bosan dalam mempelajarinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyajian materi mufradat dalam teksbook bahasa Arab karya Muhajir tersebut sudah sesuai dengan kurikulum dan dapat digunakan sebagai pegangan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Asrori Sa'ud, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mufradat, MI, Textbook
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2012 10:28
Last Modified: 31 Mar 2017 06:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item