PENGARUH PENGETAHUAN SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)

EWA ILYASA ZULKIFLI , NIM. 10391025 (2014) PENGARUH PENGETAHUAN SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGETAHUAN SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGETAHUAN SANTRI TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)

Abstract

Perbankan syariah adalah Islamic Banking yang mempunyai fungsi utama yaitu menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kembali. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang operasionalnya dan produknya dikembangkan berlandaskan al Qur’an dan Hadits Nabi SAW. Dengan melihat promosi BSM terhadap lingkungan masyarakat apakah BSM sudah memasuki lingkungan pesantren yang notabene terdapat santri yang banyak mempelajari ilmu keagamaan yang relevan dengan tujuan perbankan syariah dalam merubah pola pikir masyarakat tentang kekurangan dan kelebihan antara bank konvensional dan bank syariah. Namun di sisi lain, banyak santri yang tidak mengetahui secara rinci terkait pengetahuan perbankan syariah. Untuk itu pengetahuan santri akan sangat berpengaruh terhadap minat mereka dalam menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan santri tentang perbankan syariah terhadap minat santri akan produk-produk BSM cabang Yogyakarta dan mengukur seberapa besar pengaruh pengetahuan tentang perbankan syariah terhadap minat santri akan produk-produk BSM cabang Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka. Sampel dari penelitian ini adalah santri-santri Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta yang berjumlah 100 responden dengan menggunakan model purposive sampling dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan definisi perbankan syariah, pengetahuan lokasi perbankan syariah, pengetahuan prinsip-prinsip perbankan syariah, dan pengetahuan produkproduk perbankan syariah. Sedangkan minat santri memilih produk BSM Yogyakarta merupakan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji F menunjukkan model berpengaruh positif signifikan, yaitu minat santri dipengaruhi secara bersama-sama oleh pengetahuan definisi, lokasi, prinsip-prinsip, dan produk-produk perbankan syariah. Dan hasil uji parsial, variabel independen yang terdiri dari pengetahuan santri terhadap definisi, lokasi, prinsip-prinsip, produk-produk perbankan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap minat santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Misnen Ardiansyah, SE.M.Si dan H. M. Yazid Affandi., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: definisi perbankan syariah, lokasi perbankan syariah, prinsip-prinsip perbankan syariah, produk-produk perbankan syariah, dan minat.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2014 13:25
Last Modified: 27 Sep 2016 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum