STUDI ANALISIS PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA

HIDAYATUL CHASANAH - NIM. 04410656, (2008) STUDI ANALISIS PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text ( STUDI ANALISIS PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (965kB) | Preview
[img] Text ( STUDI ANALISIS PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dan spiritual terhadap motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta serta peranan kecerdasan emosional dan spiritual dalam meningkatkan motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta tahun 2008 sebanyak 222 santri. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5 % sebagai pertimbangan representatif jumlah sampelnya 50 % jadi sebanyak 111 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi, dan interview. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir angket terbukti valid secara keseluruhan, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien realibilitas sebesar 0,8195 kecerdasan emosional, 0,8063 kecerdasan spiritual, 0,8067 motivasi belajar dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat kecerdasan emosional santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim berada pada kategori cukup. Kecerdasan spiritual mereka berada pada kategori cukup pula. Motivasi belajar mereka berada pada kategori cukup baik.2) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim akan semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar santri. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim akan semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. 4) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama dengan motivasi belajar santri. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional dan tingkat kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim semakin tinggi pula motivasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan, emosional, spritual, motivasi belajar, pondok pesanren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2012 10:40
Last Modified: 01 Aug 2017 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item