IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN MAGELANG NOMOR. 12 TAHUN 2012 TENTANG PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN MINUMAN BERALKOHOL

NURUL RAHAYU DHURIYATUS SHOLIKAH , NIM. 10340089 (2014) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN MAGELANG NOMOR. 12 TAHUN 2012 TENTANG PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN MINUMAN BERALKOHOL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN MAGELANG NOMOR. 12 TAHUN 2012 TENTANG PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN MINUMAN BERALKOHOL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN MAGELANG NOMOR. 12 TAHUN 2012 TENTANG PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN MINUMAN BERALKOHOL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Pelanggaran minuman beralkohol di Indonesia belum teratasi. Untuk menanggulangi peredaran minuman beralkohol berbagai daerah di indonesia membuat peraturan daerah. Termasuk di Kabupaten Magelang peraturan Daerah yang dibuat guna menertibkan peredaran minuman beralkohol dikabupaten magelang adalah Perda No.12 Tahun 2012 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol. Dibentuknya Perda tersebut dinilai sebagai upaya konkret pemerintah bersama jajaran aparat hukum dan wakil rakyat (DPRD) untuk mengendalikan dan mengawasi peredaran dan penjualan minuman beralkohol di masyarakat. Hal ini dilakukan karena minuman beralkohol dapat menimbulkan kerugian terhadap kesehatan manusia dan gangguan ketertiban serta ketentraman masyarakat, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan penertiban terhadap produksi, peredaran, dan penjualannya. Beberapa masalah akibat minuman beralkohol merupakan tantangan nyata yang harus dijawab oleh seluruh pihak, khususnya aparat penegak hukum untuk menunjukkan keseriusannya dalam penegakan hukum atas pelanggaran pengedaran dan penjualan minuman beralkohol yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilaksanakan untuk memperoleh data primer dengan mengetahui secara langsung pelaksanaan Perda kabupaten Magelang tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol. Serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Perda tersebut. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu penelitian yang menghasilkan gambaran dengan menguraikan faktafakta yang bersifat kondisional dari suatu peristiwa. Data yang diperoleh melalui wawancara dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan dideskripsikan secara menyeluruh. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa aparat penegak hukum beserta tim yang telah dibuat untuk melaksanakan Perda telah melakukan perannya dengan baik sesuai dengan kewenangan yang telah diatur dalam Perda. Penertiban yang dilakukan telah menjadi ancaman bagi para pelanggar. Hanya saja intensitas penertiban minuman beralkohol masih belum memberikan efek jera bagi pelanggar mengingat masih ringannya hukuman yang dijatuhkan. Di sisi lain, masyarakat kurang berperan secara aktif untuk mencegah peningkatan peredaran minuman beralkohol. Untuk itu beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah: 1) intensitas penertiban perlu ditingkatkan dengan perencanaan yang matang terukur dan terarah. 2) penjatuhan sanksi yang sepadan dengan kerugian yang ditimbulkan, dan 3) peningkatan peran serta masyarakat dalam penegakan Perda minuman beralkohol sebagai upaya membangun budaya hukum, tidak hanya bagi penegak hukum itu sediri, tetapi juga bagi masyarakat dimana hukum itu berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Udiyo Basuki, S.H., M.Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2014 09:13
Last Modified: 18 Aug 2016 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum