PENGARUH KUALITAS JASA , TARIF JASA, NISBAH BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PENABUNG DI BMT BIF GEDONGKUNING YOGYAKARTA

WACHID NURUL MASHUDI, NIM. 10390077 (2014) PENGARUH KUALITAS JASA , TARIF JASA, NISBAH BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PENABUNG DI BMT BIF GEDONGKUNING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS JASA , TARIF JASA, NISBAH BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PENABUNG DI BMT BIF GEDONGKUNING YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS JASA , TARIF JASA, NISBAH BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PENABUNG DI BMT BIF GEDONGKUNING YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Lembaga keuangan mikro saat ini sangat berperan dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Salah satu BMT di Indonesia yang mempunyai reputasi dan kepercayaan di masyarakat, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF). Terbukri dari besaran aset yang dimiliki BMT BIF Gedongkuning, pada tahun 2013 sebesar 44.780.880.000, meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 32.942.102.000. Persaingan yang sangat ketat, dimana semakin banyak lembaga keuangan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan, menyebabkan setiap lembaga keuangan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Perkembangan dan persaingan yang semakin ketat di antara lembaga keuangan menuntut BMT BIF Gedongkuning untuk terus berinovasi dan memberikan kepuasan kepada anggota. Kepuasan anggota harus mendapat prioritas utama guna menciptakan dan mempertahankan loyalitas nasabah. Kepuasan adalah salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah BMT Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tangible, responsiveness, assurance, emphaty, reliability, tarif jasa, nisbah bagi hasil dan produk terhadap kepuasan anggota. Data penelitian ini diperoleh dari kuisioner terhadap seratus anggota penabung BMT Bina Ihsanul Fikri Gedongkuning yang diperoleh dengan menggunakan accidental sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefesien determinasi (R2). Analisi kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian secara hasil olah data yang yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefesien determinasi yang terlihat pada Adjused R Square sebesar 0.650. Hal ini berarti variabel dependen (kepuasan) dipengaruhi oleh variabel independen (tangible, responsifeness, assurance, emphati, reliability, tarif jasa, nisbah bagi hasil dan produk) sebesar 65 %. Dan sebesar 35 % (100%-65%) variabel dependen (kepuasan) dipengaruhi oleh sebabsebab atau variabel-variabel lain. Secara parsial berdasarkan uji t variabel tangible dan reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Sementara, responsifeness, assurance, emphati, nisbah bagi hasil dan produk positif dan tidak signifikan, dan pada variabel tarif jasa berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan anggota. Berdasarkan uji F menunjukan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu tangible, responsiveness, assurance, emphaty, reliability, tarif jasa, nisbah bagi hasil dan produk berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan anggota)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.H.Syafiq M Hanafi,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kepuasan anggota, tangible, responsiveness, assurance, emphaty, reliability, tarif jasa, nisbah bagi hasil dan produk.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2014 09:30
Last Modified: 04 Jul 2014 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum