PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF FIKIH JINAYAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA NO. 370/Pid.Sus/2013/PN.YK.)

STEFANI DEWI , NIM. 10370007 (2014) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF FIKIH JINAYAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA NO. 370/Pid.Sus/2013/PN.YK.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF FIKIH JINAYAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA NO. 370/Pid.Sus/2013/PN.YK.))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF FIKIH JINAYAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA NO. 370/Pid.Sus/2013/PN.YK.))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Pada dasarnya setiap rumah tangga mendambakan keluarga yang sakinah, mawadah, wa rahmah. Kerukanan dalam hidup berumah tangga merupakan alat dalam menciptakan keharmonisan. Kenyataannya setiap rumah tangga selalu menemui problematikanya masing-masing dan dalam proses penyelesaiannya setiap rumah tangga memiliki cara tersendiri. Apabila dalam rumah tangga antara suami dengan istri memiliki rasa kepercayaan dan saling menghargai maka pertengkaran akan dapat diminalisir. Namun berbagai faktor membuat mudahnya seorang suami melakukan kekerasan terhadap istrinya. Berdasarkan temuan dilapangan, berbagai jenis kekerasan dalam rumah tangga terjadi dengan jumlah yang tidak sedikit. Kekerasan yang dialami istri jauh lebih banyak daripada kekerasan yang dialami suami. Jika kekerasan yang dialami oleh suami, biasanya dilakukan oleh istri lantaran pembelaan. Jenis kekerasan fisik dan psikis jumlahnya paling banyak tetapi kekerasan psikis cukup sulit dan hampir tidak ada yang diproses secara hukum. Putusan Pengadilan Negeri nomor 370/ Pid.Sus/2013/PN.Yk. merupakan satu perkara yang masuk pada bulan September Tahun 2013 dan diputus pada tahun 2014. Dalam berkas putusan, terdakwa secara sah dan terbukti melakukan tindak pidana berupa kekerasan fisik terhadap istrinya. Dengan data berkas putusan dan beberapa data lain yang diambil pada lembaga perlindungan perempuan atau lembaga bantuan hukum, maka skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat diskriptif analitis, yaitu memaparkan dan menjelaskan data yang berkaitan dengan pokok permasalahan yaitu pertanggungjawaban pidana kekerasan dalam rumah tangga dalam putusan Pengadilan Negeri Yogyakarta nomor 370/ Pid.Sus/2013/PN.Yk. kemudian menganalisa sehingga mendapatkan kejelasan hukumnya menurut fiqh jinayah. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan yuridis dan normatif, yakni dengan dasar undang-undang yang berlaku di indonesia dan dengan peraturan hukum Islam. Hasil dari penelitian ini ialah hakim menjatuhkan putusan sesuai dengan tuntutan jaksa yaitu penjara selama 4 (empat) bulan dengan pertimbangan yuridis yaitu mendengar pernyataan terdakwa, pernyataan saksi, dan barang bukti serta pertimbangan mengenai terdakwa yakni terdakwa belum pernah dihukum sebelumnya. Menurut fikih jinayah hukuman penganiayaan atau kekerasan fisik termasuk dalam jarimah qisas diyat tetapi karena hukuman pada kasus ini dijatuhkan oleh hakim maka termasuk dalam jarimah ta’zir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Makhrus Munajat M.Hum
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 10:14
Last Modified: 04 May 2016 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum