PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, PEMBIAYAAN SEWA TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI)

NOOR FAKHRIA UTAMI , NIM. 10391024 (2014) PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, PEMBIAYAAN SEWA TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, PEMBIAYAAN SEWA TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI, PEMBIAYAAN BAGI HASIL, PEMBIAYAAN SEWA TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pembiayaan jual beli, pembiayaan bagi hasil, pembiayaan sewa secara simultan terhadap kinerja keuangan dan struktur pembiayaan secara parsial terhadap kinerja keuangan (studi kasus pada Bank Syariah Mandiri). Secara umum, pembiayaan merupakan dasar yang harus dimiliki suatu bank dan mempengaruhi bagaimana kinerja suatu bank. Semakin banyak dana yang disalurkan dalam bentuk pembiayaan yang dimiliki oleh bank, maka akan membuat kinerja bank tersebut menjadi semakin meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Penelitian ini menguji hubungan antar variable sekaligus merupakan penelitian eksplanatory. Periode penelitian dilakukan dari triwulan I 2006 – triwulan IV 2013 sehingga datanya berjumlah 32. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembiayaan jual beli, bagi hasil, dan sewa. Sedangkan kinerja keuangan adalah variabel dependen. Untuk mengolah dan menganalisis data yang diperoleh serta membuat kesimpulan penelitian digunakan alat statistik. Pengujian statistik baik secara simultan maupun parsial, uji asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil rata-rata pembiayaan pada Bank SyariahMandiri (jual beli, bagi hasil, dan sewa) pada tahun 2006-2013 menunjukkan bahwa lebih didominasi oleh jenis pembiayaan jual beli. Hal ini disebabkan lebih dominan pada pola konsumerisme dan pihak bank cenderung memilih titik aman dan tidak mau rugi. Berdasarkan hasil pengujian statistik, pembiayaan (jual beli, bagi hasil, sewa) terbukti berpengaruh simultan atau bersama-sama secara signifikan terhadap kinerja keuangan, ini terbukti dengan nilai signifikansi 0,001. Untuk uji parsial hanya pembiayaan sewa yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan pembiayaan jual beli dan sewa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. A. Yusuf Khoiruddin, S.E, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kinerja Keuangan (ROA), Jual Beli, Bagi Hasil, Sewa
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 10:51
Last Modified: 27 Sep 2016 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum