PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

AFIFUDDIN , NIM. 09390060 (2014) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (403kB)

Abstract

Intellectual capital (IC) telah mengubah paradigma labor-based business menjadi knowledge based business yang berupaya meningkatkan produktivitas perusahaan dengan modal intelektual. Perbankan Syari’ah merupakan sektor bisnis jasa yang bersifat “intellectually intensive” di mana layanan pelanggan sangat bergantung pada intelek, akal, dan kecerdasan modal manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran IC pada perbankan syari’ah sebagai strategi manajer untuk lebih “intellect” dalam mengelola kekayaan dan meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini termasuk kategori penelitian dasar atau sering disebut basic, pure, fundamental research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan laporan keuangan selama tiga tahun terakhir yaitu dari tahun 2010, 2011, dan 2012. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka terpilih 6 (enam) sampel penelitian bank umum syariah yang mewakili perbankan syariah nasional yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank Syariah Mega Indonesia, BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Panin Bank Syariah. Selain mendeskripsikan IC seluruh bank umum syari’ah di Indonesia, tujuan penelitian ini juga ingin mengetahui pengaruh Capital Employed Efficiency (VACA), Human Capital Efficiency (VAHU), dan Structural Capital Efficiency (STVA) terhadap kinerja kenerja bank umum syariah yang diproksikan oleh Return On Asset (ROA). Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi lineir berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, ketiga variabel independen (VACA, VAHU, dan STVA) bersama-sama berpengaruh terhadap ROA. Sedangkan secara parsial hanya VAHU dan STVA yang berpengaruh positif terhadap ROA. Tidak adanya pengaruh VACA terhadap ROA merupakan indikasi bahwa Capital Employed Efficiency (VACA) sepertinya belum mampu untuk memenuhi proses rutinitas perusahaan dalam menghasilkan kinerja yang optimal. Oleh karena itu, diharapkan para manajer bank umum syari’ah mampu memaksimalkan Capital Employed Efficiency yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Capital Employed yang baik seperti pengelolaan brand, nama perusahaan, dan loyalitas nasabah tentu akan meningkatkan produktivitas karyawan. Semakin besar produktivitas perusahaan maka semakin besar pula Value Added (VA) perusahaan yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. M. Fakhri Husein, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Return On Asset (ROA), Capital Employed Efficiency (VACA), Human Capital Efficiency (VAHU), dan Structural Capital Efficiency (STVA)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:00
Last Modified: 27 Sep 2016 01:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item