PENGARUH PEMILU LEGISLATIF TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (STUDI KASUS PADA PERISTIWA PEMILU LEGISLATIF 09 APRIL 2014)

DEDY ANANTO , NIM. 10390165 (2014) PENGARUH PEMILU LEGISLATIF TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (STUDI KASUS PADA PERISTIWA PEMILU LEGISLATIF 09 APRIL 2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH PEMILU LEGISLATIF TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (STUDI KASUS PADA PERISTIWA PEMILU LEGISLATIF 09 APRIL 2014) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH PEMILU LEGISLATIF TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (STUDI KASUS PADA PERISTIWA PEMILU LEGISLATIF 09 APRIL 2014) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)

Abstract

Pasar modal merupakan instrumen ekonomi suatu Negara yang sangat sensitif terhadap informasi-informasi yang berhubungan dengan faktor ekonomi maupun faktor non ekonomi. Beberapa faktor ekonomi seperti inflasi, kurs, dan suku bunga merupakan penyebab bereaksinya bursa saham di pasar modal. Selain itu, faktor non ekonomi seperti politik, sosial, keamanan dan lingkungan yang tidak berkaitan langsung dengan pasar modal juga dapat mempengaruhi pasar saham. Peristiwa pemilu legislatif dilaksanakan 5 tahun sekali di Indonesia, untuk memilih para wakil rakyat yang akan menduduki kursi DPR dan DPRD, serta memilih partai peserta pemilu yang akan mengajukan kandidat calon presiden dan wakil presiden pada pemilu presiden di bulan Juli 2014 nanti. Penelitian ini dilakukan untuk menguji muatan informasi dari sebuah peristiwa politik terhadap aktivitas pasar modal khususnya di BEI. Peristiwa tersebut adalah peristiwa pemilu legislatif 09 April 2014. Penelitian ini menguji pengaruh pemilu legislatif terhadap abnormal return dan trading volume activity saham di Jakarta Islamic Index. Penelitian ini menggunakan uji statistik t-test, dengan menggunakan sampel sebanyak 20 perusahaan yang masuk dalam kelompok Jakarta Islamic Index. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, peristiwa pemilu legislatif tidak berpengaruh signifikan terhadap abnormal return, akan tetapi berpengaruh signifikan terhadap trading volume activity. Hal ini mengindikasikan bahwa, pemilu legislatif mempengaruhi trading volume activity saham perusahaan, akan tetapi investor belum mendapatkan keuntungan yang diharapkan, karena adanya gejolak harga yang tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Ghafur Wibowo, S.E, M.Si, dan Dian Nuriyah Solissa, SHI., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemilu Legislatif, event study, abnormal return, trading volume activity
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 12:03
Last Modified: 27 Sep 2016 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum