REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN ANNUAL REPORT AWARD TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA SAHAM SYARIAH (PERIODE 2005-2013)

ASIFAH FATHARANI , NIM. 09390033 (2014) REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN ANNUAL REPORT AWARD TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA SAHAM SYARIAH (PERIODE 2005-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN ANNUAL REPORT AWARD TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA SAHAM SYARIAH (PERIODE 2005-2013) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN ANNUAL REPORT AWARD TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA SAHAM SYARIAH (PERIODE 2005-2013) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)

Abstract

Annual Report Award (ARA) merupakan kegiatan rutin yang diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap perusahaan yang memiliki keterbukaan informasi laporan keuangan sebagai salah satu bentuk penerapan konsep Good Corporate Governance. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya reaksi pasar dan abnormal return pada peristiwa Annual Report Award terhadap perusahaan pemenang yang masuk dalam saham syariah pada periode 2005 sampai dengan 2013. Penelitian ini menggunakan studi peristiwa (event study), dimana dilakukan pengamatan terhadap abnormal return selama 5 hari sebelum peristiwa, 1 hari saat peristiwa dan 5 hari setelah peristiwa. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi harga saham penutupan harian, indeks harga saham gabungan (IHSG). Sedangkan sampel yang digunakan adalah saham-saham pemenang penghargaan ARA dan merupakan saham-saham yang termasuk saham syariah. Hasil penelitian menunjukan Pada periode pengamatan (t-4), (t-2) dan (t+2) memberikan abnormal return kepada pasar dan signifikan secara statistik. Pada periode (t-4), (t-2) dan (t+2) nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,022) dari tingkat signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa abnormal return pada (t-4), (t-2) dan (t+2) secara statistik tidak sama dengan nol. Pada periode ini t hitung yang diperoleh bernilai positif, hal ini mengindikasikan bahwa reaksi yang terjadi atas pengumuman ARA juga positif atau sebagai kabar baik (good news). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama dalam penelitiann ini diterima. Hal ini berarti pengumuman ARA tahun 2005-2013 tersebut memiliki kandungan informasi, sehingga direaksi oleh pasar secara positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibnu Qizam, SE., M.Si, Akt., CA, M. Ghafur Wibowo, SE, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Annual Report Award, Good Corporate Governance, Abnormal return, Event Study, reaksi pasar
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 14:26
Last Modified: 27 Sep 2016 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum