PENGARUH SOLVABILITAS, PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN UNDERWRITING TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH

FEBY RIANI , NIM. 09390145 (2014) PENGARUH SOLVABILITAS, PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN UNDERWRITING TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH SOLVABILITAS, PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN UNDERWRITING TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH SOLVABILITAS, PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN UNDERWRITING TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Usaha asuransi merupakan suatu mekanisme yang memberikan perlindungan pada tertanggung apabila terjadi risiko dimasa mendatang. Apabila risiko tersebut benar-benar terjadi, pihak tertanggung akan mendapatkan ganti rugi sebesar ni lai yang d iperjanj ikan antara penanggung dan tertanggung. Mekanisme perlindungan ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis yang penuh dengan risiko. Asuransi merupakan altematif atau pengalihan pertanggungan suatu risiko yang terjadi atas diri seseorang atau harta benda seseorang, yang oleh karenanya perusahaan asuransi membutuhkan dana yang cukup besar untuk menutupi semua tangggungan tersebut, sehingga perusahaan tetap mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan. Menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan investasi-investasi atas aset-aset yang ada untuk mencukupi kebutuhan akan dana yang dikelola. Untuk dapat terus dipercaya oleh para nasabahnya, perusahaan asuransi harus memiliki kinerja keuangan yang bagus dan laporan keuangan yang dinyatakan wajar , sehingga dapat meningkatkan keuntungan atau laba yang diperoleh perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh solvabilitas, premi, klaim, investasi, dan underwriting terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi umum syariah tahun 2009-2012. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka (numerik). Sampel dari penelitian ini adalah 19 perusahaan asuransi umum syariah yang terdaftar di Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah solvabilitas, premi, klaim, investasi, dan underwriting. Sedangkan pertumbuhan laba merupakan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan masing-masing perusahaan asuransi umum syariah yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa solvabilitas, premi, klaim, investasi, dan underwriting terbukti berpengaruh simultan secara signifikan terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi umum syariah. Sedangkan pengujian secara parsial, solvabilitas, premi, investasi terbukti berpengaruh positif signifikan sedangkan klaim dan underwriting tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi umum syariah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sunarsih, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: solvabilitas, premi, klaim, investasi, underwriting, dan pertumbuhan laba.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 15:00
Last Modified: 27 Sep 2016 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum